521 Calon Jemaah Haji Akan Berangkat 11 Juni, Kemenag Kediri Siapkan Jadwal Manasik

521 Calon Jemaah Haji Akan Berangkat 11 Juni, Kemenag Kediri Siapkan Jadwal Manasik

  • Bagikan
Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) berkumpul di aula gedung kantor Kemenag Kediri mendengarkan informasi jadwal manasik dan pemberangkatan haji.
Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) berkumpul di aula gedung kantor Kemenag Kediri mendengarkan informasi jadwal manasik dan pemberangkatan haji. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.idCalon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kediri siap berangkat ke tanah suci Mekah pada 11 Juni 2022 mendatang. Ada sebanyak 521 CJH yang dipastikan bisa menjalani ibadah haji tahun ini dari Kabupaten Kediri. Kemudian ada 104 jemaah cadangan.

“Kemarin kami kumpulkan bersama calon jaemaah di aula gedung kantor Kemenag terkait informasi jadwal manasik dan pemberangkatan haji,” jelas Kasi PHU, Abdul Kholiq Nawawi, padaKamis (26/5/2022).

Abdul Kholiq menjelaskan bahwa dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan meningkatkan pemahaman CJH tentang proses pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022, pihaknya akan menggelar bimbingan manasik haji. Sementara jadwalnya akan diatur lebih lanjut.

“Nanti ada satu bimbingan untuk tingkat kabupaten dan empat bimbingan manasik lagi untuk tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Kasi PHU Kemenag Kabupaten Kediri, Abdul Kholiq Nawawi.
Kasi PHU Kemenag Kabupaten Kediri, Abdul Kholiq Nawawi. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Sementara rencana prosesi haji tahun ini, jemaah akan berangkat pada tanggal 11 Juni 2022 dan kembali lagi ke Indonesia pada 22 Juli mendatang. Kholiq mengimbau untuk jemaah agar menjaga kondisi fisik tetap sehat.

“Kami imbau agar para CJH selalu menjaga kesehatan, aktifitas fisik dan psikis, sehingga sampai hari keberangkatan lancar,” jelasnya.

Terkait lingkungan di Mekah yang tidak sama dengan lingkungan di Indonesia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, yaitu tenaga kesehatan haji Indonesia dan terus melakukan imbauan agar CJH menjaga pola makan, gizi dan menjaga kebugaran.

Sehingga, saat menjalani ibadah haji tidak mengalami kendala. Jemaah haji bisa lancar sampai kembali ke tanah air. Kholiq pun juga mengimbau kepada jemaah yang belum bisa berangkat, untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran dari pihak mana pun yang menawarkan untuk mengusulkan bisa berangkat tahun ini. Hal itu untuk mengindari adanya praktik penipuan.

“Imbauannya kepada CJH yang tertunda, memang ini porsinya belum ada dan bisa menyusul tahun depan. Selain itu jangan percaya tawaran dari pihak manapun yang mengusulkan bisa berangkat, dipastikan itu bohong,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan