6 Manfaat Tidur Terlentang, Kurangi Jerawat Hingga Atasi Sakit Leher

6 Manfaat Tidur Terlentang, Kurangi Jerawat Hingga Atasi Sakit Leher

  • Bagikan
Ilustrasi posisi tidur terlentang yang dapat kurangi sakit leher dan jerawat/tugu jatim
Ilustrasi posisi tidur terlentang yang dapat kurangi sakit leher dan jerawat. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Seringkali orang mengabaikan posisi tidur yang benar. Padahal posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan. Jika posisi tidur salah, maka badan akan terasa pegal ketika bangun.

Karena itu, perlu mengetahui bagaimana posisi tidur yang benar agar kualitas tidur kita bagus dan setelah bangun juga badan tetap terasa segar. Melansir dari Healthline, disebutkan bahwa ternyata posisi tidur yang baik adalah terlentang. Posisi ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut uraiannya!

1. Mengurangi Sakit Punggung dan Leher

Tidur terlentang dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kita dapat mengistirahatkan badan dengan berbaring menggunakan bantal supaya mempertahankan lekukan alami tulang belakang.

2. Meningkatkan Pernapasan

Posisi tidur terlentang juga dapat meningkatkan pernafasan karena menghasilkan melatonin yang diyakini dapat mendorong relaksasi dan meningkatkan aktivitas saraf.

3. Mengurangi Jerawat dan Mencegah Kerutan

Tidur terlentang menjadi solusi wajah tidak menyentuh bantal secara langsung. Pada dasarnya, sarung bantal dapat menjadi penyebab seseorang berjerawat karena menyerap sebum dari kulit dan rambut serta sisa produk. Selain itu, juga dapat menghindari terjadinya gesekan yang memungkinkan akan memunculkan kerutan dan garis di wajah.

4. Mengurangi Pembengkakan

Tidur terlentang dapat mencegah dan mengurangi pembengkakan di wajah dengan cara mengangkat kepala sedikit. Harapannya menghindari pembengkakan, sehingga ketika bangun dalam keadaan yang segar.

5. Meredakan Penumpukan Sinus

Dapat mencegah penyumbatan saluran hidung dengan meninggikan kepala sehingga lendir dapat mengalir dan menjaga saluran udara tetap bersih.

6. Mencegah Sakit Kepala

Tidur terlentang juga dapat mengurangi tekanan darah. Posisi tidur yang salah memungkinkan terjadinya sakit kepala, sehingga perlu menjaga kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisis yang netral. Posisi ini,  dapat menjaga leher agar tetap lurus.

Enam manfaat posisi tidur terlentang di atas dapat memecahkan permasalahan tidur seseorang. Mari membiasakan posisi tidur yang tepat, supaya bangun dengan tubuh yang bugar dan segar.

  • Bagikan