Tips  

6 Sumber Pendapatan yang Bisa Dilakukan Selama Kuliah

Ilustrasi barista.
Ilustrasi barista. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Menjadi seorang mahasiswa tentu saja berbeda dengan anak sekolahan yang masih mengandalkan uang saku dari orang tua. Ketika memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa semakin dipusingkan dengan banyaknya pengeluaran untuk tugas, mengikuti kegiatan, nongkrong, skincare, dan lainnya.

Tidak mungkin jika hanya mengandalkan pemasukan dari orang tua, karena itu banyak mahasiswa yang mencoba peruntungan mendapat penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Di luar hal itu, memiliki penghasilan sendiri juga dapat meringankan beban orang tua entah uang saku maupun biaya kuliah.

Terlebih lagi jika mahasiswa rantau yang pastinya mengeluarkan banyak biaya untuk tempat tinggal, uang saku, dan transportnya. Agar tidak menjadi beban orang tua, berikut ini beberapa rekomendasi sumber pendapatan bagi mahasiswa yang bisa kalian coba. Simak baik-baik!

1. Beasiswa

Banyak pihak swasta maupun pemerintah yang menawarkan bermacam-macam beasiswa untuk mahasiswa, mulai dari beasiswa berprestasi, regular, hingga mahasiswa kurang mampu. Beasiswa yang diberikan biasanya mencakup UKT (Uang Kuliah Tunggal) hingga uang saku tiap bulan atau tiap semester.

Bukan hanya uang, tentunya mahasiswa juga mendapatkan benefit lainnya seperti sertifikat dan relasi yang lebih banyak yang memudahkan untuk bersaing di dunia kerja. Teman-teman bisa mencoba beasiswa LPDP untuk tesis, Pertamina, Myskill, K-IPK maupun beasiswa yang disediakan oleh kampus masing-masing.

2. Part time

Untuk yang satu ini tentunya tidak asing ditelinga mahasiswa. Yupp, part time sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan income tambahan. Mahasiswa bisa menyesuaikan waktu shift dengan jadwal kuliah.

Banyak kafe maupun restoran yang biasanya menawarkan kerja part time dengan berbagai macam posisi yang memang ditujukan untuk mahasiswa, seperti barista, kasir, waiters dan lainnya. Mahasiswa rantau ataupun yang tinggal bersama orang tua tentu bisa mencobanya.

3. Freelance

Di zaman yang berdampingan dengan berbagai macam teknologi ini, sebagai mahasiswa harus pintar memanfaatkan fasilitas yang ada. Mahasiswa dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion masing-masing dan bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) dengan mengandalkan device yang ada.

Mulai dari translator, writer, designer grafis, dan posisi lainnya dengan berbagai macam gaji yang bisa didapat. Ada banyak situs freelance mahasiswa yang bisa dicoba seperti Sribulancer, Glints, Freelancer, Up Work.

4. Berbisnis

Jika kalian suka berjualan, maka ide yang satu ini cocok untuk kalian. Sebenarnya bukan untuk mahasiswa saja namun pelajarpun bisa melakukannya. Berbisnis dapat dilakukan secara offline maupun online.

Jika kalian suka membuat kue, maka manfaatkanlah untuk membuka usaha kue yang dipromosikan melalui sosial media maupun menawarkan kepada orang-orang terdekat. Untuk berbisnis tentu saja memerlukan modal yang dapat kalian dapatkan mulai dari menabung ataupun modal dari orang tua.

Teman-teman perlu menekuni bisnis yang dibangun supaya modal bisa kembali. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menjadi reseller tanpa harus membuat produk sendiri dengan mengandalkan media sosial. Tertarik? Silahkan dicoba!

5. Paid internship

Saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan magang dan tentu saja berbayar hingga jutaan rupiah tiap bulannya. Jangka waktu magangpun juga bervariasi mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga satu tahun. Jika kinerja dinilai bagus bisa saja kalian ditarik kembali ke perusahaan tersebut, ketika lulus kuliah kalian tidak perlu lagi pusing harus bekerja dimana. Menarik bukan?

6. Lomba

Rekomendasi yang terakhir kalian bisa mengikuti kompetisi sesuai dengan kemampuan kalian. Kalian juga akan semakin mengasah kemampuan dan jiwa kompetitif melawan banyaknya peserta. Perbanyak informasi tentang kompetisi, melalui media sosial ataupun mengikuti organisasi mahasiswa.

Bagi kalian yang tidak ingin menjadi beban orang tua, bisa mencoba beberapa rekomendasi di atas. Good luck!

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim