7 Julukan Pecinta Buku, Anda yang Mana?

7 Julukan Pecinta Buku, Anda yang Mana?

  • Bagikan
Ilustrasi para pecinta buku yang ternyata memiliki beberapa jenis berbeda/tugu jatim
Ilustrasi para pecinta buku yang ternyata memiliki beberapa jenis berbeda. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idBuku sering disebut sebagai jendela dunia. Dengan membaca buku kita akan memperoleh banyak wawasan. Berdasarkan laporan platform e-commerce global Picodi.com dalam databoks, minat masyarakat Indonesia untuk membeli buku berada di peringkat kelima di Asia.

Survei menunjukkan, sebanyak 63 persen masyarakat Indonesia membeli buku minimal satu dalam setahun. Ini berarti minat baca orang Indonesia cukup tinggi. Selama ini yang kita tahu julukan pecinta buku adalah kutu buku atau bookworm. Tapi sebetulnya, orang yang suka membaca buku memiliki beberapa julukan khusus, apa saja itu?

1. Bibliophile

Bibliophile hampir mirip dengan kutu buku. Ini merupakan julukan untuk orang yang sangat mencintai buku hingga mengoleksi mulai dari jenis cover yang berbeda hingga buku langka.

2. Bibliomania

Bibliomania adalah istilah untuk seseorang yang sangat terobsesi dengan buku. Mereka terobsesi untuk mengoleksi buku secara terus menerus. Kadangkala, dari sekian banyak buku yang dikoleksi hanya sedikit yang dibaca.

3. Tsundoku

Tsundoku diambil dari Bahasa Jepang. Julukan ini diberikan kepada seseorang yang sangat gemar mengoleksi buku tetapi tidak membacanya. Biasanya para Tsundoku menggunakan buku sebagai pajangan.

4. Book Sniffer

Kebiasaan menghirup aroma buku memang dimiliki sebagian orang. Aroma buku apalagi buku baru, dianggap memiliki bau yang khas dan memberi sensasi kesenangan saat menghirupnya. Orang yang sering mencium bau buku memiliki julukan Book Sniffer yang dalam Bahasa Indonesia berarti pencium buku.

5. Bibliotaph

Bibliotaph merupakan julukan untuk orang yang suka menyembunyikan buku-buku yang dikoleksinya. Biasanya mereka menyembunyikan bukunya agar tidak diambil dan dipinjam orang lain. Mereka memiliki kekhawatiran jika buku dipegang orang lain akan rusak atau bahkan hilang.

6. Bibliognost

Seseorang yang memahami isi buku yang dibacanya dengan baik disebut Bibliognost. Mereka bahkan hafal mulai dari daftar isi hingga kalimat-kalimat di setiap halaman buku yang dibaca.

7. Librocubicularist

Sepertinya julukan ini akan sangat ramah dengan anak zaman sekarang yang memiliki julukan kaum rebahan tapi produktif. Pasalnya, Librocubicularist merupakan julukan untuk seseorang yang suka membaca buku ditempat tidur.

Itulah 7 julukan para pecinta buku. Kamu termasuk yang mana?

  • Bagikan