Tugujatim.id – Bisnis ekspor memang penuh tantangan, tapi jika kamu bisa mempelajari strateginya dijamin kamu tidak akan gagal meraih kesuksesan menjadi eksportir yang andal. Karena itu, yuk simak ulasan mengenai bisnis di bidang ekspor.
Kamu akan membangun bisnis ekspor yang menjadi langkah besar untuk dapat mengembangkan usaha dari berbagai segi. Ekspor merupakan peluang menarik bagi bisnis yang ingin memasuki pasar baru dan memperluas jangkauan. Namun sebagai eksportir bisnis baru, memasuki dunia ekspor juga dapat menjadi menakutkan dan perlu banyaknya usaha serta rintangan.
Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari menemukan cara untuk mengatasi peraturan internasional hingga memahami karakteristik budaya negara yang dituju. Beberapa tips penting berikut ini melansir dari berbagai sumber dapat membantu eksportir baru memulai perjalanan ini dengan percaya diri.
1. Penelitian atau Riset Pasar
Lakukan penelitian pasar yang menyeluruh sebelum memulai operasi ekspor karena penelitian atau riset pasar sangat penting dan merupakan kunci untuk jalan usaha ke depannya. Identifikasi pasar target di mana barang atau jasa memiliki permintaan tinggi sesuai dengan preferensi konsumen di suatu negara yang dituju mulai dari budaya, kebiasaan, hingga harapan.
Perhatikan juga peraturan atau kebijakan perdagangan pada suatu negara yang dituju bisa dengan mempertimbangkan kuota, tarif, atau batasan impor dan pesaing atau kompetisi pasar sejenis yang dituju. Analisis tren pasar dan indikator ekonomi seperti pertumbuhan pasar dan mata uang juga menentukan apakah masuk ke pasar tertentu adalah ide yang baik.
2. Rencana Ekspor yang Solid
Isi rencana ekspor dengan tujuan, rencana, dan jadwal yang jelas. Tentukan pasar target, saluran distribusi, strategi penetapan harga, dan strategi pemasaran. Pemilihan produk juga perlu direncanakan dengan menjawab kebutuhan yang diperlukan pasar yang dituju. Rencana ekspor yang jelas akan memberikan panduan kepada bisnis dan membantu Anda tetap fokus pada tujuan.
3. Kepatuhan dengan Regulasi
Perhatikan peraturan dan dokumen yang diperlukan untuk ekspor di negara asal dan pasar tujuan atau negara yang dituju. Dapatkan lisensi dan izin yang diperlukan dan pastikan mematuhi perjanjian perdagangan, prosedur bea cukai, dan kontrol ekspor, maupun incoterms. Kepatuhan yang buruk dapat menyebabkan masalah hukum yang berdampak pada penurunan hingga gagalnya usaha.
Baca Juga: Wajib Tahu! Evolusi Marketing 1.0 sampai 6.0: Cara Upgrade Ilmu di Dunia Bisnis
4. Bangun Hubungan yang Kuat
Bangun hubungan dengan mitra lokal, distributor, agen, dan agen pengirim barang di pasar target. Dapat mempertimbangkan kerja sama dengan spesialis logistik, pakar pemasaran internasional, maupun penasihat hukum. Meningkatkan kepercayaan dan hubungan yang baik dengan mitra yang dapat diandalkan sangat penting untuk operasi yang lancar dan penetrasi pasar.
5. Adaptasi Produk dan Strategi Pemasaran
Sesuaikan produk atau layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan di seluruh dunia. Pertimbangkan hal-hal seperti kemasan, label, ukuran, dan penetapan harga agar sesuai dengan standar pasar lokal.
Sesuaikan juga pesan pemasaran dan kegiatan promosi agar sesuai dengan berbagai budaya seperti lokalisasi, pemasaran digital, dan penyampaian pesan promosi sesuai dengan norma budaya pasar yang dituju.
6. Tawarkan Layanan Pelanggan yang Unggul
Berikan layanan yang luar biasa untuk meningkatkan reputasi dan loyalitas pelanggan. Menanggapi pertanyaan dengan cepat, menerima saran dan kritik, berikan dukungan untuk produk, dan selesaikan masalah dengan cepat. Reputasi merk pasar internasional dapat sangat dipengaruhi oleh rekomendasi marketing dari mulut ke mulut.
7. Manajemen Risiko Mata Uang
Lindung nilai atau gunakan instrumen keuangan untuk mengurangi risiko mata uang dapat memengaruhi keuntungan bisnis ekspor. Cari nasihat ahli jika diperlukan dan tetap terinformasi tentang tren mata uang atau selalu update pada informasi mata uang.
8. Investasi dalam Logistik dan Distribusi
Untuk memastikan usaha produk dikirim tepat waktu, investasikan dalam saluran distribusi dan logistik yang efisien. Untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keandalan, pilih mitra pengiriman yang dapat diandalkan dan optimalkan rantai pasokan. Untuk pengiriman ke negara lain, pertimbangkan opsi gudang dan metode pengiriman yang paling sesuai dan tidak membebankan usaha.
9. Sabar dan Gigih
Membangun bisnis ekspor yang berhasil membutuhkan waktu dan usaha. Bersabarlah dengan prosesnya dan tetap berkomitmen pada tujuan jangka panjang usaha. Rayakan kemenangan kecil di sepanjang jalan dan belajar dari kesalahan untuk memperbaiki jalannya usaha ke depannya agar berproses ke depan sehingga usaha dapat berkembang.
Masuk ke bisnis ekspor menawarkan peluang besar untuk berkembang terutama bagi pengusaha produk. Para eksportir terutama yang pemula akan terjun perlu memiliki semangat untuk dapat menavigasi kompleksitas perdagangan internasional dan membangun usaha agar hadir secara global dengan sukses. Kesuksesan dalam ekspor membutuhkan dedikasi, persiapan, dan kemauan untuk belajar. Sudah siap jadi eksportir sukses?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Writer : Dhevia Tripitakananda/Magang
Editor: Dwi Lindawati