Alun-Alun Tugu Kota Malang Bakal Bersolek, DLH Kucurkan Dana Rp6,9 M

Usung Konsep Malang Tempo Dulu

Alun-Alun Tugu Kota Malang.
Suasana Alun-Alun Tugu Kota Malang yang bakal direvitalisasi. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Kabar baik untuk masyarakat, khususnya Kota Malang. Sebab, salah satu ikon Alun-Alun Tugu Kota Malang akan bersolek agar semakin cantik. Karena itu, Pemkot Malang melalui dinas lingkungan hidup (DLH) bakal mengucurkan dana Rp6,9 miliar untuk revitalisasi.

Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman menjelaskan, detail engineering design (DED) untuk Alun-Alun Tugu Kota Malang bersolek sudah jadi. Dia mengatakan, DED segera dimasukkan dalam proses tender agar bisa dikerjakan tahun ini.

Dia menjelaskan revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang itu akan dimulai Maret 2023. Dia juga menargetkan revitalisasi rampung pada Agustus 2023.

“Anggaran yang disiapkan Rp6,9 miliar, ada jasa pengawasan supervisi Rp100 juta saat pelaksanaan revitalisasi,” ucapnya pada Kamis (19/01/2023).

Untuk konsepnya, Alun-Alun Tugu Kota Malang akan ditata seperti Malang tempo dulu dengan gaya modern. Tembok luar alun-alun akan dibongkar dan diganti pedestrian.

“Dinding luar itu nanti akan dihilangkan semua. Pedestrian yang 2 meter itu akan kami perlebar 5 meter ke dalam, diameter tetap,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga menata taman bunga hingga berbentuk teratai, pemasangan dancing watter, penambahan pagar kolam air, hingga pemasangan relief Soekarno-Hatta di pintu masuk. DLH juga bakal membangun banker panel CTS atau ruang instalasi listrik dan perpipaan.

“Banker itu nanti ruangannya menonjol keluar untuk ruang jaringan instalasi listrik dan perpipaan. Saya maunya itu nanti bisa terakomodasi dalam ruangan yang agak tertanam sehingga tampak rapi. Itu sudah ada di DED,” ungkapnya.

Tentu saja, dia mengatakan, alun-alun juga akan menghadirkan jogging track, tempat duduk, hingga fasilitas ramah difabel.

“Di kolam, pagarnya nanti akan ditata seperti Malang tempo dulu. Kalu dulu kan pelat setengah melengkung kayak S, sekarang kami tata dengan besi virkan,” katanya.