Apa Pentingnya Personal Branding di Medsos? Ini Alasannya...! - Tugujatim.id

Apa Pentingnya Personal Branding di Medsos? Ini Alasannya…!

  • Bagikan
Personal branding melalui media sosial. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Personal branding melalui media sosial. (Foto: Pexels)

BOGOR, Tugujatim.id – Terkadang kita sering mendengar istilah personal branding. Sebenarnya apa sih personal branding itu? Ya, personal branding adalah proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Mulai dari soal kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau yang ada dalam diri individu.

Salah satu sarana personal branding yaitu melalui media sosial (medsos) untuk beradaptasi secara fleksibel yang akan membantu seseorang mendapatkan pengakuan di bidang keahliannya.

Kenapa Harus Media Sosial?

Rata-rata saat ini orang menghabiskan waktu sebanyak 118 menit per hari di media sosial (medsos). Career Builder menunjukkan bahwa 60% pengusaha telah menggunakan informasi jejaring sosial untuk merekrut kandidat pekerjanya. Karena itu, medsos mengalami pertumbuhan sangat cepat dan dapat dijadikan salah satu portofolio untuk pertimbangan perusahaan dalam perekrutan karyawan.

Nah, Bagaimana Tips Membuat Personal Branding di Medsos?

1. Profesional, Menarik, dan Responsif saat Komunikasi secara Online

Profil medsos menggambarkan personal seseorang. Untuk itu pastikan memasang profil yang profesional. Selain itu, responsif memberikan atau membalas komentar. Hal itu baik dilakukan untuk menunjukkan keaktifan seseorang.

2. Konten Postingan Positif sesuai Bidang yang Diminati

Konten postingan menjadi salah satu yang akan dilihat viewer. Dengan melihat konten medsos biasanya akan tergambar seperti apa orang tersebut dan apa yang diminati. Jadi, pastikan untuk mem-posting konten-konten positif yang menggambarkan siapa dirimu.

3. Menyertakan Foto Profesional Terbaru, Riwayat Akademik, hingga Pencapaian Prestasi

Memperbarui foto sangat penting dalam membantu personal branding, khususnya melalui medsos karena dengan foto akan membantu viewer menilai seperti apa karaktermu. Kalau perlu, ada riwayat akademik hingga perolehan prestasi. Sebab, hal itu menjadi pertimbangan untuk di-posting di medsos.

Terpenting, kamu boleh membentuk citra positif, tapi jangan sampai melakukan pencitraan ya! So, sudah sejauh mana kamu mengelola medsos-mu untuk personal branding guys?

 

  • Bagikan