Atlet Tuban Belum Terima Vaksin Covid-19, KONI: Vaksinasi Ciptakan Rasa Aman bagi Atlet

  • Bagikan
Atlet bola voli pantai Tuban saat berlaga di Porprov VI Jatim 2019. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Atlet bola voli pantai Tuban saat berlaga di Porprov VI Jatim 2019. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban berharap agar vaksinasi Covid-19 terhadap para atlet di Tuban bisa segera terealisasi dengan segera. Sebab, pihaknya menyatakan jika vaksinasi tersebut akan menciptakan dampak psikologis untuk para atlet, terutama terkait rasa aman dan nyaman.

Wajar saja, vaksinasi Covid-19 hingga saat ini memang begitu dinanti oleh insan olahragawan di Kabupaten Tuban. Pasalnya satu di antara kelompok prioritas yang masuk kategori penerima vaksin tersebut hingga saat ini belum kunjung juga mendapatkan suntikan vaksin.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sekretaris KONI Tuban Zaenal Maftuhien menuturkan jika vaksinasi sebenarnya bisa membuat rasa aman dan nyaman bagi atlet saat menjalani latihan maupun ketika berlaga. Mengingat atlet juga memiliki banyak kontak dengan banyak orang.

“Kita berharap agar vaksinasi untuk atlet segera terlaksana. Sehingga membuat rasa aman dan nyaman bagi atlet dalam berlatih,” kata Zaenal Maftuhien dikonfirmasi lewat pesan singkat, Senin (19/4/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Kabid Keolahragaan Disparbudpora Kabupaten ini mengatakan jika pihaknya sebenarnya sudah lama mengusulkan agar atlet dan para pelatih agar segera divaksinasi. Sebab hal tersebut juga telah sesuai dengan surat edaran dari Pemkab Tuban di mana atlet mendapat prioritas sebagai penerima vaksin Covid-19. Namun, sampai dengan hari ini (19/4/2021), sepertinya hal tersebut belum juga terjadwal.

“Ya semua atlet dari semua cabor (cabang olahraga, red). Tapi prioritas untuk atlet Puslatkab Tuban,” ungkapnya.

Data yang didapatkan Tugu jatim, jumlah atlet keseluruhan yang diusulkan oleh KONI Tuban untuk menerima vaksinasi yakni sebanyak 495 atlet. Di mana hal tersebut terdiri dari 452 atlet dan pelatih, sedangkan sisanya merupakan pengurus KONI Tuban.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Bambang Priyo Utomo menuturkan jika nantinya para atlet akan memperoleh periodenya sama dengan masyarakat. Di mana kala pemenuhan vaksinasi untuk guru sudah habis atau selesai.

“Sabar semua pasti dapat,” kata Bambang.

Informasi yang berhasil dihimpun Tugu Jatim, sampai dengan saat ini persentase kelompok yang sudah menerima vaksinasi baik tahap satu maupun dua di Kabupaten Tuban sudah mencapai 91,77 %.

  • Bagikan