MALANG, Tugujatim.id – Peringatan Hari Pelanggan Nasional, Bank Tabungan Negara (BTN) berupaya meningkatkan keamanan IT untuk para pelanggan. Bank BTN pun memberikan perhatian utama di sektor perbankan. Tujuannya agar kepercayaan pelanggan tetap terjaga sampai kapan pun.
Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar dalam momen Hari Pelangggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2023 mengatakan bahwa BTN memastikan peningkatan keamanan bagi para nasabah akan terus dimonitoring. Sebab, saat ini kejahatan cyber di dunia perbankan semakin tinggi.
“Kami sangat memperhatikan itu. BTN dari sisi IT-nya punya tiga aspek yang akan kami optimalkan. Mulai perencanaan, operasional, hingga keamanannya,” ujar Hirwandi kepada tugujatim.id saat ditemui pada momen Hari Pelanggan Nasional di BTN Kantor Cabang Syariah Malang, Senin (04/09/2023).
Terkait berita viral beberapa waktu lalu tentang kejahatan skimming yang sempat menimpa sejumlah nasabah di bank lain, Gafar, sapaan akrabnya, mengatakan, Bank BTN belajar dari kasus itu dan langsung mengontrol keamanan.
“Nah dengan adanya kejadian kemarin di salah satu perbankan itu membuat kami tambah lagi alertnya ya. Kemarin ini kami ada beberapa pembenahan dari sisi keamanan. Dengan adanya kejadian kemarin, maka alat yang kami buat akan diuji terus. Kami mengujinya di internal,” ungkap Gafar.
Menurut Gafar, saat ini Bank BTN memiliki sekitar 6 juta lebih nasabah, baik tabungan ataupun kredit pembiayaan. Untuk pembiayaan ataupun kredit di sisi consumer, baik itu KPR subsidi ataupun non subsidi, ada 2 juta pelanggan aktif dengan penyaluran KPR keseluruan selama BTN berdiri sebanyak 5 juta.
Hingga kini BTN secara kontinu sosialisasi terkait keamanan para nasabah dan cara menghindari kejahatan skimming.
“Saat ini BTN telah mengoptimalkan security yang insyaa Allah lebih aman,” tegasnya.
Dalam momen Hari Pelanggan Nasional, Bank BTN saat ini juga intensif memasifkan sosialisasi BTN Mobile kepada seluruh nasabahnya.
“Sekarang ini eranya digital, melalui BTN Mobile semua bisa dilakukan, termasuk mengajukan permohonan KPR sehingga kami masif sosialisasi,” tuturnya.
BTN juga makin gencar turun ke bawah menyapa para nasabah untuk memberikan pelayanan terbaik.
“Semua nasabah, termasuk nasabah baru kami sapa. Kami dengarkan keluh kesahnya, selanjutnya akan dibenahi yang menjadi kekurangan,” ujarnya.
Writer: Yona Arianto
Editor: Dwi Lindawati