Belajar dari Letkol Inf Yuli Eko dalam Menjadikan TNI sebagai Institusi Humanis

Belajar dari Letkol Inf Yuli Eko dalam Menjadikan TNI sebagai Institusi Humanis

  • Bagikan
Dari kiri, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Aqua Dwipayana dan Irham Thoriq di kantor Kodim 0825 Banyuwangi yang di desain humanis.
Dari kiri, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Aqua Dwipayana dan Irham Thoriq di kantor Kodim 0825 Banyuwangi yang di desain humanis. (Foto: Dokumen)

Oleh: Irham Thoriq*

Tugujatim.id – Jika tidak ada aral, besok (15/12/2021), Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, akan melaksanakan serah terima jabatan di Korem 083/Baladhika Jaya Malang. Yuli kemudian akan bertugas sebagai Kasrem 081 Madiun.

Meski baru sekali bertemu dengan Letkol INF Yuli, tapi kami mendapatkan kesan mendalam dari pria kelahiran Semarang, 30 Juli 1979 ini. Berikut catatannya.

Saya bertemu pertama kali dengan Yuli saat saya mengikuti kunjungan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana, ke Banyuwangi, pada 22 November 2021 lalu.

Dalam sehari, di Banyuwangi kami mengunjungi sekitar sebelas orang. Mulai dari pejabat, pengusaha, hingga dari unsur TNI-Polri. Pertama kali, kami berkunjung ke kantor Kodim 0825 Banyuwangi.

Insting Aqua Dwipayana yang begitu dekat dengan TNI-Polri seperti menyala ketika memasuki kantor kodim. Ya, di depan kantor, begitu besar tulisan terpampang yakni ‘I Love TNI’. Aqua yang merasa tertarik, meminta foto bersama dengan Yuli Eko di tempat tersebut.

Dr Aqua Dwipayana bersama Letkol Inf Yuli Eko Purwanto.
Dr Aqua Dwipayana bersama Letkol Inf Yuli Eko Purwanto. (Foto: Dokumen)

Di sebelah kiri dari tulisan itu, ada juga tulisan besar ‘Profesionalisme, Humanis, Dicintai Rakyat’. Sejumlah tulisan itu terkesan sederhana, tapi memiliki makna mendalam yakni sebuah upaya agar TNI dicintai dan dekat dengan rakyat.

Selain itu, ada juga ruangan yang kesannya lebih mirip kafe daripada markas tentara. Selain itu, ada quotes-quotes tentang motivasi, salah satunya “Bangga tapi Tidak Sombong, Bekerja Keras tapi Tidak Terpaksa, Bersyukur tapi Jangan Cepat Berpuas Diri”. ”Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas dan kegigihan”.

Ada puluhan quotes yang dipajang, yang ketika kita lihat, bisa memacu semangat orang yang membacanya. Tidak jauh dari tempat tersebut, ada ruangan yang seperti ruangan rapat. Uniknya, di tempat ini ada peta Indonesia yang terbuat dari lampu, ketika lampu dihidupkan, menjadi ornamen yang indah.

Foto-foto tentara Indonesia. (Foto: Dokumen)

Ada juga ruangan yang menampilkan infografis para pejuang. Seperti grafis tentang perjalanan hidup Abdul Harris Nasution, mantan Presiden RI Soeharto, Proklamator RI Soekarno, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga ruangan yang menyerupai kafe dengan kursi penuh kayu. Lagi-lagi, ada tulisan yang ingin mendekatkan TNI dengan masyarakat yakni Profesionalisme, Humanis, Dicintai Rakyat’.

Dandim Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, dia menjadikan kantor yang ramah tersebut bukan tanpa alasan.

Dari kanan Irham Thoriq, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Dr Aqua Dwipayana foto bersama. (Foto: Dokumen)

”Kita tidak ingin kantor TNI terlihat angker,” kata pria yang bertugas di Banyuwangi sejak Juni 2019 ini.

Karena perombakan yang luar biasa tersebut, Kodim Banyuwangi menjadi kodim rujukan.

”Dari Kodam V Brawijaya sering bilang agar kodim lain bisa belajar ke sini,” katanya.

Selain prestasi tersebut, Yuli Eko juga baru-baru ini meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, karena partisipasinya yang luar biasa dalam penanganan COVID-19.

Irham Thoriq, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, dan Dr Aqua Dwipayana berada di salah atu ruangan. (Foto: Dokumen)

Sementara itu, Aqua Dwipayana mengaku terkesan dengan apa yang dilakukan Yuli Eko.

”Ini baru pemimpin, punya visi dan misi yang luar biasa,” katanya.

Karena begitu suka dengan gaya kantor ini, Aqua terlihat begitu menikmati foto bersama dengan Yuli Eko di kantor tersebut.

*Penulis adalah CEO Tugu Media Group.

  • Bagikan