Tugujatim.id – Mudik menjadi tradisi Lebaran di Indonesia yang tidak ditemui di negara lain. Pergerakan pemudik di Indonesia tahun 2024 bahkan tembus hingga 193,6 juta orang berdasarkan survei Kementerian Perhubungan. Angka ini melonjak hingga 60 persen ketimbang tahun sebelumnya dengan jumlah pemudik 123,8 juta.
Tak pelak, ratusan juta pergerakan pemudik membuat sejumlah titik mengalami kemacetan. Namun, tidak setiap orang memutuskan mudik sebelum Lebaran. Sejumlah aktivitas dilakoni daripada terjebak macet saat sedang mudik. Lalu apa saja rekomendasi kegiatan saat tidak ingin mudik ke kampung halaman? Berikut rinciannya:
1. Nonton Film Terbaru di Bioskop
Pilihan marathon nonton film bisa menjadi pilihan. Terlebih saat film terbaru sudah rilis dan begitu dinanti. Tak hanya itu, bioskop biasanya cukup sepi sebab orang lebih memilih mudik. Suasana tersebut sangat cocok untuk marathon nonton film di bioskop.
2. Menulis Blog
Menulis bisa menjadi pilihan kegiatan selanjutnya saat tidak ingin mudik. Nongkrong di kafe sembari menulis blog, jurnal atau menuangkan ide menulis sebuah buku bisa menjadi alternatif bila tak ingin bermacet ria di jalan saat mudik.
3. Pergi ke Mal
Tak ada salahnya tetap menyambangi mal kala libur Lebaran tiba. Terlebih beberapa mal di kota besar sering cukup sepi pengunjung saat Lebaran tiba. Kondisi ini cukup nyaman untuk cuci mata di mal tanpa berdesakan dengan pengunjung lain.
4. Membaca Buku Terbitan Terbaru
Selain menulis, membaca buku juga dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan saat Lebaran. Tidak hanya menambah informasi, membaca buku juga dapat dipakai untuk mengurangi stres akibat pekerjaan sebelum libur Lebaran tiba.
5. Mendaki Gunung
Mendaki gunung tidak hanya dipilih oleh golongan pencinta alam. Aktivitas ini juga dapat dipilih sebagai alternatif kegiatan bila tak ingin mudik. Namun, pastikan gunung yang akan didaki terbuka untuk umum serta persiapkan diri sebaik mungkin. Pasalnya sebelum mendaki gunung, calon pendaki harus memperhatikan laporan cuaca untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
6. Ikut Lomba Tiktok
Bila punya akun Tiktok dan ingin ikut lomba tentang pariwisata, lomba video tiktok Healing Good #keMalangAja! oleh Tugu Jatim dapat menjadi pilihan.
Gebyar Libur Lebaran atau GLL merupakan event yang digagas media tugujatim.id untuk memeriahkan momen Lebaran. Sektor pariwisata menjadi pilihan gelaran event ini guna mendongkrak potensi wisata yang luar bisa. Selain itu, Tugu Jatim juga didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang untuk mensukseskan event meriah ini.
Total hadiah yang diperebutkan, senilai Rp15 juta. Dengan rincian juara utama mendapatkan Rp5 juta, dan juara-juara region (spot/ destinasi wisata) mendapatkan total Rp10 juta.Untuk diketahui, GLL akan memfasilitasi publikasi destinasi wisata di Kabupaten Malang yang menjadi mitra acara ini. Media Tugu Jatim akan menggencarkan promosi kegiatan GLL, merekomendasikan destinasi wisata pilihan, menggelar lomba video tiktok, hingga menggelar acara seremoni penutupan GLL.
Untuk diketahui, Tugu Jatim menggelar event Gebyar Libur Lebaran (GLL) 2024 pada momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Sebagai media pers yang peduli pariwisata, Tugu Jatim mengajak insan traveller menjadi bagian dari keseruan dan kemeriahan GLL.
GLL merupakan merupakan event yang digagas media tugujatim.id untuk memeriahkan momen Lebaran. Sektor pariwisata menjadi pilihan gelaran event ini guna mendongkrak potensi wisata yang luar biasa. GLL 2024 didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang.
Adapun destinasi wisata yang bergabung di GLL adalah Malang Dreamland, Lembah Indah Malang, Desa Wisata Pujon Kidul, dan Taman Rekreasi Sengkaling.
GLL tidak sekadar mengajak pengunjung berwisata menikmati wahana dan destinasi wisata. Tapi juga diajak berbagi pengalaman lewat karya lomba video TikTok bertema Healing Good #keMalangAja!, dengan total hadiah Rp15 juta. Dewan Juri lomba adalah Social Media Manager Tugujatim.id Adelheid Oktavia, dan Kadisparbud Kabupaten Malang Purwoto, S.Sos, M.Si. Penilaian dewan juri, menitikberatkan pada kualitas karya daripada apresiasi digital.
Cara mengikuti lomba video TikTok bertema Healing Good #keMalangAja! Mudah saja. Pengunjung bisa datang ke salah satu destinasi wisata mitra GLL, dan membuat video tiktok sesuai tema. Pengiriman karya dibuka tanggal 12 April – 7 Mei 2024. Dewan Juri memilih 1 pemenang utama, dan 1 pemenang di masing-masing destinasi wisata.
Secara umum, GLL memfasilitasi publikasi destinasi wisata mitra acara ini. Media Tugu Jatim menggencarkan promosi kegiatan GLL, merekomendasikan destinasi wisata mitra, menggelar lomba video TikTok, hingga gebyar puncak acara menghadirkan guest star pilihan pada 11 Mei 2024.
Gebyar Puncak Acara GLL akan menyajikan panggung gembira, bazaar, pentasi seni budaya, live musik, sajian kuliner, seremoni penyerahan hadiah lomba, stand up comedy, hingga guest star performance.
GLL 2024 disponsori oleh Paragon Corp, PT. Pegadaian Malang, BRI Regional Office Malang, Dea Bakery, dan Perumahan Srimaya. Didukung oleh Joko Roro Kabupaten Malang, dan Grand Mercure Malang Mirama. Media partner: tugumalang.id, Explore Malangan, Info Malangan, dan Amazing Malang.
Jangan lewatkan keseruan event Tugu Jatim Gebyar Libur Lebaran 2024 ini. Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi marketing Haya 087854370907.
Reporter: Hanif Nanda Zakaria
Editor: Darmadi Sasongko