Bus Macito di Malang Segera Beroperasi Kembali, Terkoneksi dengan Kayutangan Heritage - Tugujatim.id

Bus Macito di Malang Segera Beroperasi Kembali, Terkoneksi dengan Kayutangan Heritage

  • Bagikan
Dua unit bus Macito yang mangkrak diparkir di kawasan Stadion Gajayana Malang. (Foto : Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Dua unit bus Macito yang mangkrak diparkir di kawasan Stadion Gajayana Malang. (Foto : Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Lama tak beroperasi sejak 2019 silam, bus wisata Kota Malang yang dikenal dengan Macito (Malang City Tour) akan segera beroperasi kembali dalam waktu dekat. Menjadi kabar baik karena menunjang pariwisata di mana nantinya akan ada destinasi baru di Kota Malang yakni Kayutangan Heritage.

Nantinya, 2 unit bus yang kini mangkrak itu akan dirombak dan dipermak dengan wajah baru. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono membenarkan, bahwa rencana operasional bus Macito ini juga sedang dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Dengan perombakan baru ini, unit Macito ini bisa kembali beroperasi dan memenuhi standar ketentuan angkutan umum dari Dirjen Perhubungan Darat Republik Indonesia.

“Anggarannya berapa masih belum saya cross-check. Tapi sudah proses, anggarannya sudah ada dan sekarang masih tahap penyusunan DED,” ungkap Heru dikonfirmasi awak media, Minggu (7/3/2021).

Lebih jauh, hadirnya Macito ini cukup apik untuk menunjang infrastruktur pariwisata di Kota Malang. Khsusunya, Kayutangan Heritage yang nanti diekspektasikan akan jadi kawasan serupa Malioboro atau Jalan Braga.

Heru pun sepakat agar Macito ini nantinya juga bisa terkoneksi dengan Kayutangan Heritage sebagaimana ide awal bus ini digagas di 2019 silam. ”Itu juga jadi keinginanan saya, menyatu juga dengan Kayutangan. Saya kira perlu disinergikan,” imbuhnya,

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Ida Ayu Made Wahyuni pun mengaku juga tertarik dengan gagasan itu. Jika nanti gagasan bus Macito terkoneksi dengan pariwisata, pihaknya siap diajak berunding membahas teknis pengoperasian Bus Macyto di Kota Malang.

“Jelas kita dukung penuh karena juga berkaitan dengan iklim pariwisata di Kota Malang,” ujarnya. (azm/gg)

  • Bagikan