Cagar Budaya Sumber Towo Rusak usai Digelar Konser Viral di Kediri - Tugujatim.id

Cagar Budaya Sumber Towo Rusak usai Digelar Konser Viral di Kediri

  • Bagikan
Cagar budaya. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Cagar budaya peninggalan Kerajaan Kediri rusak setelah konser viral. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Cagar budaya Sumber Towo struktur batu kononya di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, mengalami kerusakan setelah konser viral yang terjadi pada Minggu (02/01/2022). Bangunan yang diperkirakan sejak abad 12-15 Masehi tersebut mengalami kerusakan dan patah di bagian ujung bata akibat tersenggol kerumunan ribuan penonton.

Cagar budaya. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Struktur batu kono peninggalan Kerajaan Kediri rusak setelah konser viral. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Dari pantauan wartawan Tugu Jatim di lapangan, kondisi situs struktur batu kono tersebut terdapat goresan yang nampak baru dan sebagian ada yang patah pada ujung batanya. Selain itu, di sekitar bangunan peninggalan Kerajaan Kediri tersebut tidak ada pagar pembatas untuk melindungi cagar budaya tersebut. Jadi, pengunjung konser yang membeludak membuat cagar budaya tersebut tersenggol.

Baca Juga:

“Mungkin tersenggol dan terinjak ya karena kemarin (Minggu, red) penuh orang di sini,” ungkap Sriatun, 53, warga Desa Menang, saat diwawancara di lokasi Sabtu (08/01/2022).

Sri pun berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali dan pemerintah membangun pembatas di sekitar untuk menjaga keamanan candi.

Cagar budaya. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Akibat konser viral merusak cagar budaya di Kediri. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

“Seharusnya ada pagar melingkar biar ketika ada pengunjung yang datang, candinya aman,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, konser musik yang viral diselenggarakan di tempat cagar budaya Sumber Towo di Desa Menang, Kecamatan Pagu. Lokasi tersebut terdapat peninggalan sejarah Kerajaan Kediri. Dari acara itu, ribuan orang memadati konser dan panggung yang digunakan ambruk.

  • Bagikan