Clickbait, Film Kriminal Penuh dengan Plot Twist

Clickbait, Film Kriminal Penuh dengan Plot Twist

  • Bagikan
Potongan serial Kriminal yang Penuh dengan Plot Twist/tugu jatim
Potongan serial Kriminal yang Penuh dengan Plot Twist. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idClickbait adalah sebuah film kriminal Australia-Amerika yang rilis di Netflix sejak 25 Agustus 2021. Produser Clickbait, Tony Ayres, berhasil menggandeng beberapa aktor berkualitas. Zoe Kazan (sebagai Pia Brewster), Adrian Garnier (Nick Brewster), Betty Gabriel (Sophie Brewster), Phoenix Rael (Roshan Amir), dkk. adalah beberapa di antaranya.

Dalam waktu kurang dari sebulan, Clickbait berhasil menduduki peringkat keempat terpopuler di Netflix Indonesia (per 17 September 2021). Serial ini menceritakan tentang kasus penculikan dan pembunuhan seorang kepala keluarga Brewster, Nick Brewster, di Oakland, California.

Suatu hari, video penculikan Nick Brewster muncul di Internet. Dalam video tersebut, Nick memberikan pengakuan mengejutkan. Ia menulis “aku akan mati saat video ini mencapai 5 juta pentonton”. Ia menuliskannya di sebuah papan tulis kecil berwarna putih.

Video tersebut akhirnya viral dan Nick pun dibicarakan di mana-mana. Beberapa pertanyaan dan ketidakpastian kini menghinggapi keluarga Brewster. Karena merasa dirugikan oleh hadirnya video tersebut, mereka berinisiatif melaporkan kasus ini ke kepolisian Oakland.

Disusun dengan Cara yang Menarik dan Segar

Serial ini hadir dengan 8 episode dalam 1 season. Penonton akan disajikan episode-episode yang disusun berdasarkan point of view masing-masing tokoh yang terlibat. Hal ini tampak begitu jelas. Clickbait memberi judul “The Sister” pada episode 1 untuk memberi penonton gambaran mengenai latar belakang dan sudut pandang tokoh Pia Brewster, adik perempuan Nick Brewster. Kemudian, penamaan judul yang serupa juga berlanjut hingga episode 7, yakni The Detective (episode 2), The Wife (3), The Mistress (4), The Reporter (5), The Brother (6), dan The Son (7). Setelah 7 episode tersebut, serial Clickbait ditutup dengan baik oleh episode The Answer.

Salah satu hal yang paling seru dari serial ini adalah kehebatan sutradara membuat penonton merasa terlibat dalam cerita. Sutradara akan memberikan sebuah petunjuk kepada penonton untuk disimpulkan kemudian dipatahkan kembali melalui petunjuk berikutnya. Petunjuk-petunjuk tersebut pada akhirnya membawa penonton pada kesimpulan akhir, yang muncul di episode 8 serial Clickbait.

Memberi Gambaran Dunia Internet yang Kejam

“Internet bisa saja menghancurkanmu,” mungkin kalimat ini adalah salah satu alasan serial ini dibuat. Secara tidak langsung menjelaskan bahwa internet bisa dengan mudah menghancurkan kehidupan pribadi, keluarga maupun masyarakat pada umumnya. Keluarga Brewster dihadapkan pada situasi yang buruk akibat video Nick yang dibicarakan di mana-mana.

Mereka terganggu secara mental dan fisik, hingga seringkali kurang rasional dalam mengambil sebuah keputusan. Di akhir ceritanya, serial ini memberikan edukasi kepada penonton bahwa penting untuk tidak bertindak gegabah atau iseng, karena hal itu bisa menimbulkan kerugian bagi siapapun, bahkan bisa menyebabkan nyawa seseorang melayang.

  • Bagikan