Deklarasi Janji Kinerja 2022, UPT Kemenhumkam Se-Korwil Bojonegoro Bakal Beri Layanan Terbaik untuk Warga Binaan - Tugujatim.id

Deklarasi Janji Kinerja 2022, UPT Kemenhumkam Se-Korwil Bojonegoro Bakal Beri Layanan Terbaik untuk Warga Binaan

  • Bagikan
Deklarasi janji kinerja. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja dilakukan seluruh jajaran UPT se-Korwil Bojonegoro dengan Kadiv Administrasi Kemenkumham Jatim di Lapas Tuban. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) se-Korwil Bojonegoro melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022 pada Selasa (25/01/2022). Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jatim Indah Rahayuningsih mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengukuhkan komitmen seluruh petugas agar janji kinerja dideklarasikan dan diimplementasikan dalam bentuk nyata.

“Tentunya janji ini dideklarasikan dan diimplementasikan dalam bentuk nyata, di mana seluruh UPT saat ini telah membangun reformasi birokrasi secara total,” katanya.

Indah juga menyampaikan di lapas/rutan tidak boleh ada lagi kekerasan dan sejenisnya. Harapannya, semua dilakukan secara kondusif serta seluruh fasilitas tetap dirawat dengan baik agar warga binaan di dalam itu dilayani dan nyaman tanpa ada imbalan.

“Teman-teman warga binaan yang ada di dalam itu dilayani sepenuhnya tanpa ada imbalan agar suasana kondusif,” cetusnya.

Dia juga menyampaikan, dengan adanya deklarasi ini khususnya di UPT se-Korwil Bojonegoro berharap dapat terus bekerja memperbaiki sistem dari waktu ke waktu.

“Saya berharap seluruh UPT terus bekerja memperbaiki sistem ini dari waktu ke waktu semakin baik untuk Kemenkumham lebih baik,” ujarnya.

Senada dengan Kepala Divisi Administrasi, Wakil Bupati Tuban H. Riyadi menyampaikan komitmen janji kinerja yang diikrarkan tadi dapat diimplementasikan di setiap UPT sehingga apa pun layanan yang dilakukan dapat dinilai baik oleh masyarakat.

Dia mengapresiasi kinerja di lapas yang telah menghilangkan stigma negatif di masyarakat jika lapas itu identik dengan keras, kasar, dan kumuh. Dia berujar bahwa lapas sangat bersih ketika dirinya meninjau area di Lapas Tuban.

“Saya betul-betul tidak percaya begitu masuk mengecek setiap blok memang bersih. Bayangan awal kalau lapas itu identik dengan keras kasar dan kumuh, tapi di sini mulai blok, tempat masak, tempat bengkel, sampai tempat ibadah semuanya bersih,” pujinya.

Dia berharap, masyarakatnya yang saat ini menjalani masa pidana di Lapas Tuban atau UPT lain mendapatkan pembinaan dan kembali ke masyarakat dengan bekal skill yang mumpuni.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Tuban Siswarno menjelaskan, deklarasi janji kinerja diucapkan oleh perwakilan UPT dan diikuti seluruh jajaran yang hadir dalam Ruang Raden Said Lapas Tuban. Dia menjelaskan, selain deklarasi janji kinerja, kepala UPT se-Korwil Bojonegoro melakukan penandatanganan perjanjian kinerja yang disaksikan langsung oleh Kadiv Administrasi Kemenkumham Jatim, wakil bupati Tuban, dan perwakilan Kejaksaan Negeri Tuban.

“Perjanjian kinerja ini menjadi alat kendali kinerja secara berjenjang guna memastikan seluruh sasaran dan target dapat tercapai dengan baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan komitmen Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penandatanganan dilakukan seluruh jajaran UPT se-Korwil Bojonegoro dengan Kadiv Administrasi Kemenkumham Jatim.

UPT Kemenkumham se-Korwil Bojonegoro meliputi Lapas Kelas IIA Bojonegoro, Lapas Kelas IIB Tuban, Lapas Kelas IIB Lamongan, Lapas Kelas IIB Jombang, Lapas Kelas IIB Mojokerto, Bapas Kelas II Bojonegoro, Rupbasan Kelas II Mojokerto dan Rupbasan Kelas II Jombang.

  • Bagikan