Dianggap Bisa Terapi Covid-19, Harga Kelapa Hijau di Bojonegoro Naik hingga Rp 50 Ribu

  • Bagikan
Faisol, penjual kelapa di Pasar Kota Bojonegoro saat menjelaskan kenaikan harga kelapa hijau, Kamis (28/07/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Faisol, penjual kelapa di Pasar Kota Bojonegoro saat menjelaskan kenaikan harga kelapa hijau, Kamis (28/07/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Seiring meningkatnya kasus Covid-19, membuat semua orang berlomba untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mampu menghindarkan dari segala penyakit. Salah satu yang banyak di incar adalah kelapa hijau. Buah tropis ini dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Hal tersebut membuat harga kelapa hijau di Bojonegoro mengalami peningkatan signifikan. Biasanya untuk satu buah kelapa dijual dengan harga Rp15 ribu – Rp35 ribu, namun kini harga di pasaran bisa mencapai Rp50 ribu per buah.

“Kalau dulu harganya perbiji ada yang cuma Rp15 ribu,” ujar Faisol, penjual kelapa di Pasar Kota Bojonegoro, Kamis (08/07/2021).

Kenaikan harga tersebut dipicu dari permintaan masyarakat yang semakin tinggi.

“Gara-gara banyak orang sakit, makanya banyak dicari orang. Bahkan di pohonnya sana juga sudah di serbu masyarakat,” sambung Faisol.

Kelapa hijau milik Faisol, di Pasar Kota Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Kelapa hijau milik Faisol, di Pasar Kota Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Faisol sendiri mengambil kelapa hijau dari daerah Rembang, Jawa Tengah. Untuk satu hari, ia mampu menjual kelapa hijau hingga 40 buah kelapa hijau. Selain air kelapanya yang mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh, menurut Faisol ternyata serabut kelapa hijau atau biasa disebut dengan sepat dianggap bisa mengatasi masuk angin.

“Yang ini (sepat kelapa hijau) kalau lagi masuk angin bisa digunakan untuk obat. Caranya dimakan dan dihisap sarinya, atau bisa juga dikunyah dan di telan,” jelasnya.

Salah satu kandungan air kelapa hijau yang banyak dicari orang adalah antitodum atau antiracun dan tanin yang terkandung pada air kelapa hijau. Antitodum dan tanin tersebut diklaim mampu mengurai dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Adapun manfaat lain dari kelapa hijau, yaitu sebagai berikut:

1. Dilengkapi antioksidan

Manfaat air kelapa hijau juga bisa menurunkan aktivitas radikal bebas, tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin.

2. Menurunkan kadar gula darah

Air kelapa hijau juga merupakan sumber magnesium, yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2

3. Mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa hijau disebut bisa “mengemban tugas” jauh lebih baik dalam mencegah batu ginjal dibandingkan air mineral.

4. Membantu rehidrasi

Karena dilengkapi kalsium, kalium, magnesium, natrium dan fosfor, peneliti percaya bahwa air kelapa hijau bisa membantu rehidrasi.

Dibandingkan meminum minuman berenergi yang penuh dengan gula, ada baiknya Anda mengonsumsi air kelapa hijau setelah melakukan olahraga. Selain rendah kolesterol dan gula, air kelapa hijau juga lezat serta mampu melepaskan dahaga.

5. Sumber nutrisi

Air kelapa hijau terbentuk secara alami di dalam tempurungnya, dan mengandung 94% air serta sedikit lemak.

6. Membantu mengatasi diare ringan

Air kelapa dipercaya bisa membantu mencegah dehidrasi pada anak-anak dengan diare ringan. Sebab, air kelapa mengandung komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga bisa digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare ringan.

  • Bagikan