News  

Diresmikan Puan Maharani, Jalibar Kepanjen Malang Menjadi Jalan Dr Ir Soekarno

Puan Maharani saat meresmikan Jalan Dr Ir Soekarno di Kabupaten Malang, Senin (20/12/2021)
Puan Maharani saat meresmikan Jalan Dr Ir Soekarno di Kabupaten Malang, Senin (20/12/2021). Foto: dok.

MALANG, Tugujatim.id – Ketua DPR RI, Puan Maharani, meresmikan Jalur Lingkar Barat atau Jalibar Kepanjen Malang menjadi jalan Dr Ir Soekarno, Senin (20/12/2021) sore. Jalan ini menghubungkan jalan raya Mojosari di Kecamatan Kepanjen dengan jalan raya Gunung Kawi di Kecamatan Ngajum.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Puan Maharani dan terbukanya tirai penutup ikon letter Jalan Dr Ir Soekarno di pintu masuk jalan sebelah timur.

”Syukur Alhamdulillah, niat baik kita semua direstui Allah SWT, bahwa diberikan kesempatan untuk bisa meresmikan secara langsung nama dari Proklamator Kemerdekaan bangsa Indonesia yang menjadi salah satu nama jalan di Kabupaten Malang, tepatnya di Kota Kepanjen,” ujar Puan dalam sambutannya.

Puan berharap penamaan jalan Dr Ir Soekarno bisa menjadi sebuah bentuk penghormatan bagi kakeknya.

Puan Maharani dan Forkopimda Kabupaten Malang di depan ikon letter Jalan Dr. Ir. Soekarno, Senin (20/12/2021). Foto: dok.

“Semoga penamaan ini merupakan salah satu penghormatan kepada sang Proklamator. Namanya diabadikan di salah satu Kabupaten yang memang dekat dengan tempat bersemayamnya beliau di Blitar,” tutur Puan.

Jalan itu dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada tahun 2015. Jalan Dr Ir Soekarno memiliki panjang 10 kilometer dan menjadi jalan alternatif bagi masyarakat menuju Kota Malang atau Kabupaten Blitar.

Puan berharap, Jalan Dr Ir Soekarno bisa bermanfaat bagi semua masyarakat yang akan menggunakan jalan ini.

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Malang, Sanusi, dan Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang.

Senada dengan Puan, Bupati Malang, Sanusi juga berharap jalan ini bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Malang.

”Mudah-mudahan jalan ini membawa manfaat untuk bangsa Indonesia dan masyarakat Kabupaten Malang dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Malang,” harapnya.