Doni Monardo Resmi Jadi Komisaris Utama Inalum - Tugujatim.id

Doni Monardo Resmi Jadi Komisaris Utama Inalum

  • Bagikan
Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo diangkat sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Inalum. (Foto: BNPB/Tugu Jatim)
Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo diangkat sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Inalum. (Foto: BNPB)

JAKARTA, Tugujatim.id – Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo diangkat sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Inalum. Pengangkatan tersebut secara resmi diumumkan oleh pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk diketahui, Doni Monardo sebelumnya menjabat sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19. Sehubungan dengan pengangkatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, pengalaman hingga prestasi Doni begitu penting.

“Peran Pak Doni sangat penting. Terlebih, pengalaman, kemampuan, jaringan, dan prestasi beliau tidak diragukan lagi,” terangnya dalam keterangan yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (11/06/2021).

Selain itu, dia menambahkan, Doni mempunyai pengalaman malang-melintang sejak kepemimpinan dari Aceh hingga Papua. Erick juga menyampaikan, Doni begitu mengedepankan dialog dan kolaborasi antar stakeholder dalam upaya “problem solving”.

“Beliau mengedepankan dialog dan kolaborasi lintas stakeholder untuk mengatasi masalah dan mencapai kemajuan,” tegasnya.

Di sisi lain, Erick juga menjelaskan, Doni memiliki semacam kepedulian khusus pada bidang pemulihan lingkungan hidup. Hal itulah, Erick menjelaskan, yang menjadikan Doni diperlukan, dibutuhkan, dan ditunggu kehadirannya dalam upaya pemberdayaan dan menjaga keberlanjutan lingkungan dalam elemen Inalum dan anak perusahaan.

“Kepedulian dan kiprahnya di bidang pemulihan lingkungan hidup menjadikannya figur yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara upaya pemberdayaan dan menjaga keberlanjutan lingkungan yang dilakukan Inalum serta anak-anak perusahaannya,” bebernya.

Inalum merupakan “holding” BUMN industri pertambangan dengan anggota PT Freeport Indonesia, PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, hingga saham minoritas di PT Vale Indonesia Tbk.

“Inalum mengelola aset vital negara di bidang pertambangan yang memiliki rencana besar di bidang kinerja dan aksi korporasi dengan mementingkan keharmonisan dengan lintas stakeholder, serta pemberdayaan dan perlindungan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” ujarnya.

  • Bagikan