Dr Aqua Dwipayana Tekankan Silaturahmi sebagai Kunci Kesuksesan Media agar Tetap Eksis - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana Tekankan Silaturahmi sebagai Kunci Kesuksesan Media agar Tetap Eksis

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Tangkapan layar zoom/Tugu Jatim)
Dari kiri, Pemimpin Redaksi (Pemred) Tugubandung.id Erwin Kustiman, Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana, mantan Pemred Harian Pedoman Rakyat Drs H. Laode Arumahi, dan Ketua IKA Pedoman Rakyat H.M. Dahlan Abubakar dalam acara Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kafe Baca Makassar. (Foto: Tangkapan layar zoom)

Tugujatim.id – Dalam acara Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Mengoptimalkan Kinerja Media dengan Memperbanyak Jaringan dan Merawatnya” yang digelar media Pedomanrakyat.co.id, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana membeberkan kiat-kiat bagi insan media di Makassar agar tetap eksis. Dia menekankan silaturahmi berperan penting sebagai kunci kesuksesan media agar bisa tetap bertahan di era persaingan saat ini.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, di era digital saat ini, persaingan bisnis media semakin ketat karena sudah banyak bermunculan perusahaan media massa online.

“Saya sudah berkeliling ke berbagai tempat. Saya lihat media online sekarang tumbuh tidak karuan. Sekarang tinggal medianya. Pilih mau asal hidup saja, atau pingin terus berkembang,” ujar Dr Aqua Dwipayana saat mengisi materi di Kafe Baca Jalan Adhiyaksa No 2 Makassar, Senin (04/04/2022).

Motivator nasional ini menegaskan jalan utama agar perusahaan media bisa berkembang bisnisnya adalah dengan memperbanyak jaringan dengan silaturahmi. Dia menjelaskan silaturahmi yang dimaksud bukan hanya sebatas bertegur sapa melalui media sosial. Bagi dia, bersilaturahmi secara langsung melalui tatap muka adalah cara yang efektif dalam membangun jaringan.

“Saya punya keyakinan secanggih apa pun teknologi tidak bisa menggantikan tatap muka dan itu yang jadi kekuatan saya. Dan saya sudah membuktikan betul. Karena saya kenal dekat dengan jajaran TNI dan Polri, waktu mencari sponsor buat buku motivasi ini, langsung di-ACC,” ungkapnya.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini juga menyatakan jika silaturahmi yang dibangun oleh insan pers tidak hanya terbatas pada stakeholder dan masyarakat sekitar saja. Tapi, juga menjalin hubungan yang baik antar media.

Bagi dia, fenomena menjamurnya industri media online bukan hanya dilihat sebagai persaingan, tapi jadi peluang besar untuk bisa saling berkolaborasi.

“Sekarang itu zamannya kolaborasi. Jadi antar media bisa saling kerja sama asal punya misi yang sama. Contohnya seperti media binaan saya, Tugu Media Group yang saat ini bekerja sama dengan para wartawan senior di Jawa Barat lewat Tugubandung.id,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan