Drama 120 Menit, Italia Melaju ke Babak Final Euro 2020

  • Bagikan
Timnas Italia merayakan keberhasilannya melenggang ke final Euro 2020, Rabu (07/07/2021). (Foto: Twitter @azzurri/Tugu Jatim)
Timnas Italia merayakan keberhasilannya melenggang ke final Euro 2020, Rabu (07/07/2021). (Foto: Twitter @azzurri)

INGGRIS, Tugujatim.id – Italia berhasil melenggang ke partai puncak setelah berhasil menundukkan Spanyol dengan drama adu penalti dalam laga semifinal Euro 2020 yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu dini hari (07/07/2021).

Pada laga tersebut di waktu normal berakhir imbang 1-1 yang masing-masing dicetak oleh Federico Chiesa di menit 60 dan disusul menit 80 oleh Alvaro Morata. Lanjut babak extratime hasil tetap imbang 1-1 hingga dilanjutkan ke babak drama adu penalti yang berkesudahan 4-2 dimenangkan oleh Italia.

Atas hasil tersebut, anak asuh Roberto Mancini ini berhasil lolos ke partai puncak dan memiliki asa untuk meraih gelar Euro untuk kali kedua.

Babak pertama dimulai Spanyol sudah memberikan beberapa serangan di sekitar pertahanan Italia. Italia juga memiliki satu serangan berbahaya di menit 21 jika saja tendangan dari Nicolas Barella tidak menghantam sisi kanan gawang dari Spanyol. Selanjutnya Spanyol memiliki peluang di menit 25 melalui sepakan Dani Olmo yang jika tidak digagalkan oleh kiper Italia Gianluigi Donnarumma. Di ujung babak pertama, Italia memiliki peluang, hanya saja tendangan dari Emerson masih tertahan sisi kiri mistar gawang.

Babak kedua, Italia masih bermain di ciri khas mereka dengan gaya catenaccio seperti babak pertama untuk menahan gaya tiki-taka Timnas Spanyol. Pada menit 52, sepakan Sergio Busquets hampir saja merobek gawang Italia, tapi sangat tipis di atas mistar gawang. Keasyikan menyerang, Spanyol harus tertinggal lebih dulu setelah di menit 60 Federicho Chiesa berhasil merobek jala dari Unai Simon dan membuat Italia unggul 1-0.

Serangan demi serangan akhirnya membuahkan hasil di menit 80, umpan satu dua Dani Olmo dengan Alvaro Morata berhasil dikonversikan menjadi gol dan menjadikan kedudukan imbang 1-1. Serangan Spanyol di sisa waktu babak kedua tidak menjadikan kedudukan berubah dengan hasil 1-1.

Di babak tambahan waktu, Spanyol terus menyerang pertahanan Italia. Dan Italia bermain dengan strategi serangan balik sehingga menunggu kesalahan dari Timnas Spanyol. Hingga dua babak tambahan waktu skor tetap 1-1 yang harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Italia memiliki kesempatan menendang pertama, tapi tendangan gelandang mereka Locatelli berhasil dimentahkan oleh Unai Simon. Spanyol memiliki giliran berikutnya, tapi tendangan Dani Olmo gagal karena melenceng di atas gawang Italia. Sementara itu, penendang berikutnya dari Italia berhasil mencetak gol dari Andre Belotti. Berikutnya Gerard Moreno pun berhasil menuntaskan tugasnya menjadi eksekutor.

Pemain Italia yaitu Bonucci dengan tenang mengarahkan gol di sisi kanan gawang Unai Simon. Tak mau kalah, Thiago Alcantara juga berhasil mencetak gol dengan tenang dari sisi kiri gawang Italia.

Bernadeschi berhasil menjadi penendang keempat Gli Azzuri setelah sepakan kerasnya mengarah ke sisi pojok kanan atas gawang dari Spanyol. Sedangkan dari Spanyol yaitu Alvaro Morata harus gagal mengeksekusi tendangannya setelah ditepis oleh Gianluigi Donnarumma. Dan Jorginho yang menjadi penendang kelima dari Timnas Italia berhasil menunaikan tugasnya di sisi kanan gawang Unai Simon dan menjadi penentu kemenangan Gli Azzuri. Drama penalti berkesudahan 4-2 untuk kemenangan Italia.

Hasil ini membuat Italia akan menunggu pertandingan yang akan menjadi lawan mereka di final antara Inggris melawan Denmark.

  • Bagikan