Facebook Lakukan Perubahan pada Kolom Komentar dan News Feed

  • Bagikan
Ilustrasi layanan dan fitur baru dari Facebook terkait kenyamanan dan keamanan pengguna. (Foto: Unplash)
Ilustrasi layanan dan fitur baru dari Facebook terkait kenyamanan dan keamanan pengguna. (Foto: Unplash)

Tugujatim.id – Platform jejaring media sosial Facebook mengumumkan bakal melakukan perubahan besar terhadap fitur di kolom komentar dan News Feed mereka. Perubahan tersebut ditujukan agar para pengguna merasa lebih nyaman dan aman kala diberikan lebih banyak kendali atas hal-hal yang mereka bagi di media sosial.

Fitur komentar ini membuat pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat mengomentari setiap postingan publik. Facebook menyediakan tiga pilihan yaitu Publik’, ‘Teman’, dan ‘Profil dan Halaman yang Anda sebut’. Artinya, pengguna dapat membatasi interaksi yang mungkin tidak diinginkan pada postingan publik, fitur ini telah terbukti populer di banyak platform seperti Twitter.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Dikutip dari laman resmi Facebook, Rabu (31/03/2021), fitur komentar ini akan membantu pengguna untuk membatasi interaksi yang tidak diinginkan. Hal ini mengingat, unggahan publik ini akan ditampilkan dalam News Feed Facebook.

“Dengan menyesuaikan siapa yang boleh berkomentar, Anda dapat mengontrol percakapan yang ada dalam postingan publik Anda dan membatasi interaksi yang mungkin tidak diinginkan,” tulis Facebook.

Fitur lain yang juga diperbarui Facebook yaitu tab ‘filter feed’ di halaman News Feed. Di News Feed pengguna akan disuguhkan berbagai postingan dari teman-teman, Facebook Page, dan grup yang diikuti. Facebook dengan algoritmanya juga menyarankan konten-konten yang mungkin pengguna sukai dari akun yang belum diikutinya.

Guna mengontrol dan melakukan seleksi pada News Feed pengguna, Facebook meluncurkan dua filter, yaitu ‘Favorites’ dan ‘Most Recent’. Favorites berguna untuk melihat postingan dari maksimal 30 teman atau Facebook Pages yang sudah dimasukkan ke dalam daftar favorit. Most Recent membantu pengguna untuk mengakses unggahan-unggahan paling baru sesuai kronologi waktu.

Dilansir dari laman resmi Facebook fitur ini masih tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Namun, pengguna iOS mesti bersabar karena fitur tab filter feed ini akan hadir belakangan. (Dani Alifian/gg) 

  • Bagikan