News  

Gadaikan Tiga Motor Tetangga, Pria di Malang Diciduk Polisi

Polisi amankan tiga buah BPKB motor yang digadaikan oleh pelaku sebagai barang bukti. (Foto: Humas Polres Malang)

TUGUJATIM.ID, Malang – Satreskrim Polres Malang berhasil membekuk seorang pelaku penggelapan sepeda motor, Muhammad Suadi alias Adi alias Mat Bedol, di rumahnya di Dusun Bugis, Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang Sabtu (15/12/2019).

Pria berusia 32 tahun ditangkap lantaran menggadaikan tiga motor milik tetangganya, Sugianto.

Kejadian ini bermula pada rabu (28/08/2019) ketika Muhammad Suadi menyewa motor di tempat persewaan motor milik Sugianto di dusun Bugis Rt. 04 Rw. 06, desa Saptorenggo, kecamatan Pakis, kabupaten Malang.

“Pelapor semula membuka tempat penyewaan sepeda motor. Dan pelaku memang sering menyewa disitu,” ujar Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djariyah.

Lalu pelaku menyewa 3 buah sepeda motor secara bertahap pada korban. Namun, bukannya dikembalikan justru sepeda motor tersebut digadaikan pada teman pelaku tanpa seijin korban.

Lalu uang hasil penggelapan tersebut tidak diberikan pada korban. Oleh pelaku digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dari hasil penangkapan disita 3 lembar BPKB, 1 unit sepeda motor Honda Vario dengan NoPol. N. 3672. AY, dan satu lembar surat pernyataan pelaku.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka sudah mengakui perbuatannya. Ada perkara lain tentang penggelapan sepeda motor yang dilakukan juga oleh tersangka dan sudah dilaporkan pada Polres Malang,” jelas AKP Ainun.

Dari kasus ini pelaku akan dikenai dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP Pidana tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Tugumalang.id)

Reporter : Rizal Adhi Pratama
Editor : Gigih Mazda