Hampir Imbang, Belanda Sukses Kalahkan Senegal 0:2

belanda tugu jatim
Selebrasi gol Timnas Belanda saat melawan Timnas Senegal. Foto: Instagram @onsoranje

Tugujatim.id – Belanda sukses menang 0:2 saat melawan wakil Afrika, Senegal, pada lanjutan Piala Dunia 2022, di Al Thumama Stadium, pada Senin (21/11/2022), pukul 23.00 WIB.

Sebelum laga dimulai, Timnas Belanda sudah diunggulkan karena banyaknya pemain bintang yang tersedia. Sedangkan Senegal, harus kehilangan sayap tajam sekaligus top skor sepanjang masa mereka sebelum Piala Dunia 2022 di mulai yaitu Sadio Mane.

Skuad Oranje atau Belanda tampil percaya diri dengan formasi 5-3-2 dengan sang kapten Virgil Van Dijk. Tak kalah pamor, Timnas Senegal menurunkan formasi 4-5-1 untuk menyaingi tim asuhan L Van Gaal tersebut.

Babak Pertama

Tidak ada yang spesial pada babak pertama. Pasalnya, kedua tim bermain dengan strategi yang sama-sama terbuka. Anak asuh Van Gaal menemui kesulitan di lini depan karena tidak adanya penyerang bertipe nomor sembilan yang ganas di kotak penalti lawan.

Tak hanya Belanda, sepanjang babak pertama, Timnas Senegal tidak mampu menembus pertahanan yang dijaga bintang Liverpool dan Bayern Munich, Virgil Van Dijk dan M De Light.

Kurangnya support di area penyerangan dan terlambatnya lini tengah dalam membantu serangan, membuat anak asuh Aliou Cisse ini kesulitan menembus pertahanan Timnas Belanda. Hingga akhir babak pertama, tidak ada gol sama sekali.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan Belanda yang berhasil sedikit menguasai jalannya pertandingan. Statistik mengatakan Timnas Belanda berhasil mendominasi dengan persentase 54 persen sedangkan Timnas Senegal hanya 46 persen.

Laga berjalan alot. Meski Senegal mempunyai kesempatan menyerang lebih banyak, namun Timnas Belanda berhasil mencuri poin. Hingga pada menit ke 84, Cody Gakpo membuka gol Timnas Belanda dengan tandukannya saat mendapat umpan lambung ciamik dari Frankie De Jong.

Tampil lebih percaya diri, Skuad Oranje menambah keunggulan menjadi 0:2 lewat gol penutup dari Davy Klaasen yang memanfaatkan bola pantulan dari kiper Senegal Edouardo Mendy.

Laga ditutup dengan kemenangan Timnas Belanda 0:2 atas Senegal. Kemenangan ini menempatkan Belanda pada posisi puncak klasemen sementara Grub A dan Senegal yang berada di posisi tiga klasemen. Pertandingan ini menjadi laga kedua grup A setelah Timnas Qatar mengalami kekalahan saat melawan Timnas Ekuador.