News  

HUT Bapenda Jatim, Gubernur Khofifah Resmikan Layanan Samkopi

Bapenda Jatim. (Foto: Dok Kominfo Jatim/Tugu Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Jajaran Forkopimda Provinsi Jatim saat menghadiri HUT ke-60 Bapenda Jatim. (Foto: Dok Kominfo Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Bertepatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur memperingati HUT ke-60, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan layanan Samsa Koperasi dan UMKM atau Samkopi. Peluncuran inovasi layanan Samkopi dari Bapenda Jatim tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Adhy Karyono, Kepala Bapenda Jatim Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno, serta sejumlah pejabat dan kepala Perangkat Daerah Provinsi Jatim.

Gubernur Khofifah mengungkapkan rasa terima kasih pada Samsat UMKM dan Koperasi yang memberikan pelayanan wajib pajak secara online.

“Dunia akan berjalan melalui online dan 85 persen akan melalui platform e-commerce,” katanya saat memberikan sambutan di Aula Gedung Bapenda Jatim, Senin malam (03/10/2022).

Dia mengatakan, UMKM sangat penting karena menjadi tulang punggung ekonomi dunia.

“Menurut Jack Ma, 80 persen ekonomi dunia, tulang punggungnya adalah UMKM. Jawa Timur sendiri kontribusi UMKM dalam mendukung PDRB sudah mencapai 57,81 persen,” ujarnya.

Dia berharap adanya penguatan-penguatan berbagai sektor dan kerja sama yang kuat guna mengembangkan koperasi dan UMKM lebih produktif di mana pun.

“Kenapa saya bilang di mana pun karena sebenarnya kita sudah Borderless (tanpa batas),” katanya.

Kepada wajib pajak besar yang mendapatkan penghargaan, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa terima kasih atas komitmennya untuk memberikan penguatan pembangunan.

“Memberikan support untuk saling melakukan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam momen HUT ke-60 Bapenda Jatim mengambil undian untuk tiga pemenang dari wajib pajak dengan hadiah umrah ke Tanah Suci Makkah dan meluncurkan layanan Srikandi yang menjemput layanan bagi wajib pajak.