Iwájú, Surat Cinta Disney untuk Nigeria

iwaju
Tampilan dari seri Sci-Fi Iwájú yang dibuat dalam versi futuristik Lagos, Nigeria. Foto: Twitter @Disney

Tugujatim.id – Perusahaan Disney dan Pan-Afrika Kugali Media baru-baru ini merilis tampilan pertama serial animasi kolaboratif mereka, Iwájú. Selain seri orisinal pertamanya, Iwájú menandai kolaborasi pertama Disney dengan studio luar dalam 100 tahun sejarahnya.

Disney+ memberi penonton pandangan sekilas tentang dua protagonis seri afrofuturis, tak lama setelah gambar itu debut di D23 Expo tahun ini. Bersamaan dengan klip eksklusif di D23, Disney mengatakan kepada penonton bahwa Iwájú adalah “surat cinta untuk Nigeria”.

Menurut Disney, Iwájú menampilkan versi futuristik Lagos, Nigeria. Serial ini akan mengikuti kisah pewaris kaya dari bagian kota yang mewah dan seorang bocah miskin dari daratan bernama Tola dan Kole. Terlepas dari latar belakang mereka yang berbeda, Tola dan Kole harus mengungkap aktivitas seorang raja kejahatan bernama Bode.

Selain robot terbang, kadal berwarna-warni muncul di sebelah Tola dan Kole. Kadal hewan peliharaan robot bernama Otin, milik Tola. Di D23, Disney memberikan pandangan pertama pada karakter yang disebutkan di atas, bersama dengan ayah Tola, Tunde. Meski karakternya telah diresmikan, tidak ada informasi casting yang dirilis tentang Iwájú.

Iwájú diumumkan kembali pada tahun 2020, bersama dengan seni konsep untuk Tola dan Kole, meskipun protagonis dalam pengumuman sebelumnya tampak jauh lebih tua daripada mereka di karya seni yang lebih baru. Meskipun detailnya menakutkan, editor VFX Marlon West sebelumnya menjelaskan bahwa gaya seni akan menjadi unik dan berbeda di antara film-film Disney. “Ini mungkin tidak terlihat seperti film Disney, tetapi harus terlihat berkualitas Disney,” ucapnya.

Iwájú diperkirakan akan dirilis pada tanggal yang belum ditentukan sekitar tahun 2023.