Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Jokowi Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek dan Gongseng Bojonegoro  - Tugujatim.id

Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Jokowi Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek dan Gongseng Bojonegoro 

  • Bagikan
Presiden Jokowi,
Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/2021). (Foto: Dokumen Pemkab Bojonegoro)

Tugujatim.id – Dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan sekaligus, yakni Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek. Peresmian berlangsung di Bendungan Tugu yang terletak di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Selasa, (30/11/2021).

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan rasa syukur telah diselesaikannya pembangunan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng, dan siap dimanfaatkan untuk ketahanan pangan.

“Dengan bertambahnya 2 bendungan tersebut, keduanya telah siap dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan,” ujarnya.

Jokowi melanjutkan, adapun Bendungan Gongseng yang dibangun pada 2013-2021 memiliki daya tampung 22,43 juta meter kubik dan tampungan efektif 14,75 juta meter kubik dengan luas genangan 390,6 hektare dan mampu mereduksi banjir hingga 121,18 meter kubik per detik.

Selain itu, Bendungan Gongseng juga memiliki manfaat penyediaan air baku 300 liter per detik bagi 120.000 jiwa di 4 Kecamatan, dan Waduk ini juga akan berikan layanan irigasi di Pacal untuk 6 kecamatan, Sumberejo, Kanor, Balen, Kepohbaru, Baureno. Selanjutnya diharapkan bisa mengairi lahan seluas 6.200 hektare.

Sementara Bendungan Tugu dibangun dengan biaya sebesar Rp1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare.

Dengan kapasitas daya tampung kedua bendungan, sesuai harapan Presiden RI, dapat meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

“Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan makin meningkat, petani makin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” terang Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah dan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

  • Bagikan