JAKARTA, Tugujatim.id – Memiliki kulit bersih, sehat, dan glowing kini tak lagi hanya kebutuhan kaum perempuan, para laki-laki juga membutuhkan kulit yang cerah agar tetap terlihat gagah dan menawan.
Itulah salah satu alasan lahirnya produk personal care bernama Kahf dari PT Paragon Technology and Innovation. Brand ini kini sudah menjadi salah satu market leader, bahkan bisa dikatakan produk personal care yang benar-benar laki, Kahf nomer 1.
Public Relation (PR) Kahf, Wilda Arginisa mengatakan bahwa Kahf hadir tanpa embel-embel, misalnya seperti produk A for man, produk B for man, dan seterusnya. Melainkan murni produk khusus untuk pria.
“Dulunya saat mau buat brand ini, sempat terpikir pakai Wardah for Man, jadi ngikut ke Wardah. Tetapi ini kurang cowok banget, mungkin ada yang ngira untuk cewek, makanya kami pakai nama Kahf,” jelasnya, di ruang passion kompleks Paragon, Jakarta, pada Senin (29/8/2022).
Adapun makna Kahf itu sendiri, menurut Wilda, diambil dari al Kahfi, yaitu salah satu surat dalam Al-Qur’an yang menceritakan tentang pemuda. Memang pihaknya ingin menjadi pioner untuk produk perawatan pria yang halal pertama di Indonesia. “Kahf adalah personal care pria pertama yang halal di Indonesia,” kata perempuan asli Bandung tersebut.
Beberapa produk yang bisa digunakan oleh para pria di antaranya pencuci wajah, sun screen, parfume, dan lainnya.
Resep Kahf Kuasai Pasar
Ditanya apa resep Kahf bisa kuasai pasar? Wilda menjelaskan bahwa kuncinya adalah dekat dengan grass root atau konsumen. Wardah tidak hanya menjadikan konsumen sebagai pembeli saja, setelah transaksi jual beli selesai, Kahf selalu berusaha melibatkan konsumen berkegiatan bersama.
“Makanya kami itu dekat sekali dengan komunitas-komunitas. Misalnya komunitas pengopi, motor, dan para penyuka kegiatan outdoor lainnya,” ujarnya.
Intinya, kata Wilda, pihaknya akan mendukung kegiatan-kegiatan komunitas yang satu visi dengan Kahf. “Ada event olahraga atau musik kami support, bahkan pengajian juga kami support. Bahkan kemaren waktu ada MotoGP di Mandalika kami juga support tetapi lewat hadiah tiket nonton,” ujarnya.
Selain itu, juga ada pelibatan anak-anak muda kreatif untuk membesarkan brand Kahf itu sendiri. Saat ini, kata Wilda, semua tim tank Kahf adalah anak muda. Biasanya tim ini disebut skuat yang bekerja dengan pola saling koordinasi tanpa model memerintah.
“Kahf inikan untuk cowok di rentang usia 17 hingga 35 tahun, masih muda. Tim kamipun juga muda,” katanya.
Resep terakhir yaitu memaksimalkan media sosial. Kahf berusaha meng-update secara teratur konten media sosialnya baik di Instagram, TikTok, dan lainnya.
“Itupun juga tidak sekedar update melainkan masih menggunakan bahasa yang cocok untuk anak muda. Kami ada timeline-nya untuk update konten, bahasanya juga yang cocok untuk anak muda. Dan alhamdulillah medsos kami selalu ramai,” pungkasnya.
Resep-resep itulah yang membuat Kahf meski baru berusia hampir dua tahun tetapi telah mencapai market share cukup tinggi, hadir di mini market dan semua channel toko.