Kebakaran Gudang Dekor Peralatan Pesta di Kota Batu, Diduga Akibat Pemilik Luapkan Kekecewaan

Alat Senilai Rp500 Juta Terselamatkan

Kebakaran gudang dekor peralatan pesta. (Foto: DPKP Kota Batu/Tugu Jatim)
Proses pemadaman dan pembasahan oleh petugas Damkar Kota Batu di gudang dekor peralatan pesta, tepatnya di Jalan Lahor, RT 04, RW 12, Jumat (02/12/2022). (Foto: DPKP Kota Batu)

BATU, Tugujatim.id – Peristiwa kebakaran gudang dekor peralatan pesta terjadi di Jalan Lahor, RT 04, RW 12, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (02/12/2022). Kebakaran ini menimpa gudang milik Yanto sekira pukul 07.40 WIB.

Kabid Penyelamatan dan Sarana Prasarana DPKP Kota Batu Santoso Wardoyo membenarkan insiden kebakaran gudang dekor peralatan pesta itu. Bahkan, petugas membutuhkan waktu tidak lebih dari dua jam untuk pemadaman. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

”Kami kerahkan tiga unit mobil damkar. Pemadaman hingga pembasahan tak sampai 2 jam,” katanya.

Dia mengatakan, penyebab kebakaran gudang dekor peralatan pesta itu diketahui dari pembakaran kasur oleh pemilik gudang di lantai bawah (basement). Dugaan Yanto merasa kecewa dengan barang yang dipesan, dia lalu membakar kasur tersebut.

Kebakaran gudang dekor peralatan pesta. (Foto: DPKP Kota Batu/Tugu Jatim)
Petugas damkar melakukan pembasahan di gudang dekor peralatan pesta, tepatnya di Jalan Lahor, RT 04, RW 12, Kota Batu, Jumat (02/12/2022). (Foto: DPKP Kota Batu)

”Api kemudian menjalar ke gudang yang ada di atas karena di lokasi gudang juga banyak foam sehingga mempercepat penyebaran api,” jelasnya.

Akibatnya, pemilik gudang menelan kerugian sekitar Rp15 juta. Sayang, sejumlah peralatan pesta milik Yanto habis hangus dilalap si jago merah. Tapi, peralatan lainnya senilai Rp500 juta berhasil terselamatkan.

”Dari hasil investigasi, kebakaran terjadi diduga karena arus pendek (korsleting, red) yang terjadi di ruang produksi. Jadi, api merembet ke hasil produksi kerajinan,” paparnya.