Peringati Hari Santri, Kemenag Bojonegoro Umumkan Pemenang Lomba Pildacil hingga Video Inovasi Pendidikan - Tugujatim.id

Peringati Hari Santri, Kemenag Bojonegoro Umumkan Pemenang Lomba Pildacil hingga Video Inovasi Pendidikan

  • Bagikan
Para juara lomba dalam Peringatan Hari Santri yang diadakan Kemenag Bojonegoro di Aula Kemenag pada Senin (18/10/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Para juara lomba dalam Peringatan Hari Santri yang diadakan Kemenag Bojonegoro di Aula Kemenag pada Senin (18/10/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2021, Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro menggelar berbagai lomba. Untuk penentuan juaranya diumumkan pada Senin (18/10/2021).

Lomba yang diikuti 440 peserta anak-anak usia maksimal 15 tahun ini diikuti antusias oleh masyarakat Bojonegoro. Dari jumlah tersebut, Kemenag hanya memilih 10 terbaik, kemudian ditentukan juara pertamanya.

Lomba yang digelar secara daring tersebut meliputi lomba pildacil, tartil Quran, hafalan surat pendek, baca kitab kuning, dan lomba video inovasi pendidikan pesantren.

Peserta lomba dalam Peringatan Hari Santri yang diadakan Kemenag Bojonegoro hadir di Aula Kemenag untuk penentuan juara pertama pada Senin (18/10/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Peserta lomba dalam Peringatan Hari Santri yang diadakan Kemenag Bojonegoro hadir di Aula Kemenag untuk penentuan juara pertama pada Senin (18/10/2021). (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Setelah beberapa hari melakukan seleksi, 10 peserta terbaik dari masing-masing perlombaan telah hadir di Aula Kemenag Bojonegoro untuk menampilkan lombanya di depan para juri sekaligus melakukan penjurian untuk menentukan juara pertama.

Kasi PD Pontren Kemenag Bojonegoro Moh. Zainal Arifin mengatakan, sebelum penjurian dimulai, pihaknya menyampaikan, sesuai aturan dari Kemenag pusat bahwa dalam memperingati Hari Santri Nasional ini dianjurkan untuk melakukan istighotsah dan doa bersama.

“Sebelumnya kami juga melakukan istighotsah dan doa bersama terlebih dulu sesuai aturan dari pusat,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya perlombaan tersebut dapat menjadi ajang kreativitas dan inovasi bagi semua pendidikan yang berada di bawah naungan PD Pondok Pesantren. Selain itu, juga meningkatkan keberanian anak untuk tampil di depan umum dan meningkatkan semangat belajar.

“Semoga PD Pontren bisa menjadi lembaga yang diharapkan dan dapat menjadi tumpuan bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Pemenang Perlombaan untuk Memperingati Hari Santri Nasional yang Digelar Kemenag Bojonegoro:

Lomba Pildacil

Juara 1 : Salsabila Eka dari TPA Nurul Ulum Sukorejo
Juara 2 : Gadiza Aulia Dari TPA Darul Muttaqin Padangan
Juara 3 : Tsania Zulfa dari TPA Nurul Jadid

Lomba Tartil Al-Quran

Juara 1 : Nayfa Syafa Fitruan dari TPA At Taqwa Banjarrejo
Juara 2 : Nada Eliza Rahma dari TPA Baiturroqim Kepohbaru
Juara 3 : Ghaitza Zahira Shofa TPA Al Ashar Tanjungharjo Kapas

Lomba Video Inovasi Pendudukan Pesantren

Juara 1 : Ponpes Ar-Rosyid
Juara 2 : Ponpes Adnan Al-Charis
Juara 3 : Mansya’ul Hidayah

Lomba Hafalan Surat Pendek

Juara 1 : Kanza Syafira RA Islamiyah Bojonegoro
Juara 2 : Aska Meisya PAUD Al-Qur’an Lentera Bunda Kapas
Juara 3 : Klarista dari TPQ Sifa’ul Qolbi

Untuk diketahui, untuk lomba membaca kitab kuning masih dalam tahap penjurian dan penilaian. Nantinya untuk juara 1, hadiah akan diberikan secara langsung di Pendapa Pemkab Bojonegoro tepat pada 22 Oktober 2021 sebagai peringatan Hari Santri Nasional.

  • Bagikan