Kemenkes Izinkan Ibu Hamil untuk Vaksin Covid-19, Berikut Syaratnya! - Tugujatim.id

Kemenkes Izinkan Ibu Hamil untuk Vaksin Covid-19, Berikut Syaratnya!

  • Bagikan
Ilustrasi ibu hamil. Karena pertimbangan risiko yang tinggi, Kemenkes akhirnya menyetujui dan mengizinkan ibu hamil untuk bisa disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Pexels)

JAKARTA, Tugujatim.id – Ibu hamil dianggap menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19. Untuk itu Kemenkes akan memberikan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Dengan terbitnya aturan ini, Kemenkes menginstruksikan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar segera memulai pemberian vaksinasi bagi ibu hamil terutama di daerah dengan tingkat penularan kasus Covid-19 tinggi.

Dalam proses skrining/penapisan terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran lain. Format skrining pada kartu kendali untuk ibu hamil pun juga telah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Vaksinasi bagi ibu hamil akan menggunakan jenis vaksin Covid-19 platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac. Tentunya akan disesuaikan dengan jenis vaksin yang tersedia di Indonesia,” tulis Kemenkes dikutip, Selasa (03/08/2021).

Adapun syarat pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu hamil, yaitu:

1. Ibu hamil yang mengikuti vaksinasi harus pada trimester kedua kehamilan (14-28 minggu) dan trimester ketiga (29 sampai dengan aterm), dan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

2. Memiliki tekanan darah di bawah 140/90 mmHg. Ibu hamil dengan tekanan darah di atas angka tersebut tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan dirujuk ke RS.

3. Ibu hamil yang memiliki gejala seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan pandangan kabur akan ditinjau ulang untuk menerima vaksinasi dan dirujuk ke RS.

4. Jika mempunyai penyakit jantung, asma, DM, penyakit paru, HIV, hipertiroid, ginjal kronik, dan penyakit hati harus dalam kondisi terkontrol saat menerima vaksin.

5. Jika mengidap penyakit autoimun harus dalam kondisi terkontrol dan dapat persetujuan dokter.

6. Jika memiliki riwayat alergi berat harus mendapatkan pemantauan khusus, apalagi setelah mendapatkan vaksinasi untuk mengantisipasi munculnya efek samping.

  • Bagikan