Kena Comeback Southampton, Chelsea Gagal Raih 3 Poin

Southampton. (Foto: Tangkapan layar IG Adam Armstrong/Tugu Jatim)
Adam Armstrong saat merayakan golnya ke gawang Chelsea. Gol yang dicetak Armstrong merupakan gol kedua kemenangan Southampton. (Foto: Tangkapan layar IG Adam Armstrong)

Tugujatim.id – Chelsea tak berkutik saat bertandang ke markas Southampton di St Mary’s Stadium. The Blues harus mengakui kehebatan anak asuh Ralph Hasenhuttl dengan kalah 2-1 di laga yang dihelat pada Rabu dini hari (31/08/2022). Dengan kekalahan ini, Chelsea batal naik peringkat dan masih berkutat di papan tengah klasemen sementara.

Pasukan Thomas Tuchel berhasil unggul lebih dulu melalui gol Raheem Sterling pada menit ke 23. Gol berawal dari Kai Havertz yang menyisir ke sisi kiri pertahanan Southampton dan memberikan umpan terobosan kepada Masont Mount yang berada di kotak penalti. Tidak egois, Mason Mount memberikan bola kepada Raheem Sterling yang memiliki ruang lebih lebar. Bola awalnya berhasil dihalau Perraud, tapi bola berhasil didapat kembali oleh Sterling dan menendangnya ke sisi kanan gawang G. Bazunu.

Selang lima menit, The Saints, julukan Southampton, berhasil menyamakan kedudukan menjadi satu sama melalui gol pemain muda mereka Romeo Lavia. Pemain berusia 18 tahun tersebut melepaskan tendangan keras dari garis luar kotak penalti. Gol Lavia bermula saat terjadi sepak pojok dan bola berhasil dihalau Azpilicueta. Namun, bola hasil sepakan Azpi mendarat tepat di kaki Romeo Lavia yang berdiri di depan kotak penalti. Bola tendangan Lavia mengarah ke sisi kanan gawang Edouard Mendy, tapi gagal diantisipasi karena bola mengalir sangat kencang.

Jelang babak pertama usai, Southampton mampu berbalik unggul. Kali ini Adam Armstrong yang menjebol gawang Edouard Mendy lewat kaki kirinya. Gol terjadi tepat sebelum babak pertama usai yakni pada menit ke 45+1. Perraud yang membawa bola dari sisi kiri pertahanan Chelsea dengan jeli melihat Armstrong yang berdiri bebas di tengah kotak penalti. Bola hasil umpan Perraud mengalir kencang, tapi Armstrong berhasil mengontrol dengan baik dan melepaskan tendangan keras ke pojok kiri atas gawang Edouard Mendy. Bola sempat mengenai Koulibaly sebelum akhirnya gagal ditepis dan masuk gawang.

Sepanjang babak kedua, Southampton terus menekan Chelsea. The Saints mencatat shots on target lebih banyak ketimbang Chelsea, yaitu 7 kali shot berbanding dengan 4 milik The Blues. Beruntung Chelsea memiliki bek seperti Marc Cucurella dan Thiago Silva. Dua peluang emas Southampton yang didapat oleh M. Elyounoussi dan M. Salisu berhasil dihalau Cucurella dan Thiago Silva.

Chelsea sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dengan ball possession mencapai 68%, tapi mereka kesulitan untuk memanfaatkan peluang dan menemukan ruang tembak. Sedangkan Southampton lebih memilih untuk bermain berhati-hati dan memanfaatkan serangan balik. Dengan kemenangan ini, The Saints berhasil menyalip Chelsea di peringkat 7 klasemen sementara. Sedangkan Chelsea masih tersendat di peringkat 8.