Kerja Sama PBI UNIM Mojokerto-PBSI Unimor NTT, Luncurkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Integrated E-Learning - Tugujatim.id

Kerja Sama PBI UNIM Mojokerto-PBSI Unimor NTT, Luncurkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Integrated E-Learning

  • Bagikan
Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan UNIM Mojokerto dan Unimor NTT. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan UNIM Mojokerto dan Unimor NTT. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Dalam rangka implementasi dana hibah pada Jumat (17/09/2021), Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto bekerja sama dengan Universitas Timor Nusa Tenggara Timur (Unimor NTT) menggelar kegiatan Penyambutan dan Bimbingan Teknis Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Acara ini melibatkan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) UNIM dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unimor di Gedung Nuswantara UNIM, Jalan Jabon KM 7 Mojoanyar, Mojokerto. Kedua prodi ini menjalankan tindak lanjut kerja sama dan komitmen bersama untuk menyukseskannya.

“Ini merupakan implementasi dari hibah PJJ yang kami terima pada tahun ini. PJJ sangat mendukung kesetaraan akses pendidikan,” jelas Ketua Tim PJJ UNIM Doni Uji Windiatmoko MPd. Selain seremoni penyerahan mahasiswa peserta PJJ, acara juga diisi bimbingan teknis administrasi dan registrasi ke e-learning system UNIM.

Pilihan mitra prodi PBSI Unimor selaras kebutuhan bersama. Selain untuk memajukan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, kedua perguruan tinggi itu sama-sama ingin meningkatkan wawasan dan kesadaran kultural.

“Kami tawarkan dan diterima oleh Unimor. Sebab, PJJ ini jadi momen yang pas untuk kami saling belajar platform perkuliahan daring,” kata Ketua Tim PJJ UNIM Doni Uji Windiatmoko MPd.

Sementara itu, Rektor UNIM Dr Rachman Sidharta Arisandi MSi mengatakan, hibah PJJ dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diperoleh Prodi PBI UNIM setelah bersaing dengan ribuan pengusul dari seluruh perguruan tinggi nasional.

Rektor UNIM Dr Rachman Sidharta Arisandi MSi. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Rektor UNIM Dr Rachman Sidharta Arisandi MSi. (Foto: Dokumen)

“Alhamdulillah, ini menjadi semacam stimulan bagi UNIM untuk terus mengkaji dan mengembangkan moda pembelajaran daring (online class). Lagi pula UNIM memang telah siap dan memiliki platform e-learning. Dengan integrated e-Learning ini, mahasiswa dari perguruan tinggi mitra kerja UNIM tidak hanya bisa belajar bersama, tapi juga bertukar kebudayaan masing-masing. Insyaa Allah akan meningkatkan cross-cultural understanding lebih baik,” tutur Rektor UNIM Dr Rachman Sidharta Arisandi MSi.

UNIM yang berjati diri religius, kultural, dan nasionalis, tentu memetik manfaat besar saat bermitra kerja dengan Unimor yang tentu juga memiliki kekhususan jati diri. Demikian pula sebaliknya, cukup banyak yang bisa dipetik oleh Unimor dari UNIM.

“PJJ dan kemitraan ini sangat selaras dengan Pancacita UNIM agar perkuliahan juga menghasilkan lulusan berkecakapan akademik dan berkearifan kultural, melek budaya lokal, nasional, dan global,” tandas Rektor UNIM Rachman Sidharta Arisadi.

Lantas, rektor pun memberikan sambutan kepada para civitas academica UNIM dengan penuh hangat.

“Selamat datang dan salam hangat dari kami. Civitas academica Universitas Islam Majapahit,” sapanya. (*)

  • Bagikan