KONI Tuban Persiapkan Gelaran Porkab Tahun 2021 di Momen Hari Jadi Tuban

  • Bagikan
Salah satu cabang olahraga bola voli pantai yang dipertandingkan di ajang Porkab V 2018 Kabupaten Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Salah satu cabang olahraga bola voli pantai yang dipertandingkan di ajang Porkab Tuban V tahun 2018 lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id –  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban mengagendakan event olahraga terbesar tingkat kabupaten, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban pada tahun 2021 ini. Rencananya, event olahraga tersebut akan dilangsungkan bersamaan dengan momentum hari jadi Tuban. Yakni pada bulan Oktober hingga November mendatang.

Tentunya, realiasasi event tersebut merupakan salah satu tantangan tersendri bagi KONI Tuban. Sebab, selama hampir 2 tahun terakhir ini, baik kompetisi, perlombaan, maupun event olahraga di Kabupaten Tuban ditiadakan lantaran pandemi Covid-19 yang masih merajalela.

Oleh karenanya, Sekretaris KONI Tuban, Zaenal Maftuhein mengaku jika gelaran Porkab Tuban akan digelar dengan protokol kesehatan ketat. Baik itu saat kompetisi, maupun kala di luar event tersebut.

“Nanti kita serahkan ke pihak cabor yang ada, dikonsep seperti apa kita manut (mengikuti, red). Yang terpenting sesuai prokes (protokol kesehatan, red),” ujar Zaenal Maftuhein, Senin (21/6/2021).

Zaenal menambahkan, pada pertemuan sebelumnya. KONI Tuban telah memberikan pengertian kepada pengurus cabor bahwa Porkab Tuban akan diserahkan sepenuhnya kepada mereka. Baik siapa saja yang akan menjadi peserta dalam kompetisinya, maupun yang lain.

Monggo (silakan, red) kalau dalam cabor ada banyak klub pembinaannya bisa dipertandingkan. Atau jika ada perorangan yang mau ikut juga diperkenankan,” tambahnya.

KONI menyediakan terkait trofi maupun piagam yang akan diserahkan kepada pemenang. Jika cabor ingin menambahkan hadiah atau yang lainnya, pihaknya juga mempersilakan.

“Cabor bisa menggandeng pihak ketiga, monggo silahkan. Demi kemajuan olahraga di Bumi Wali,” ungkapnya.

Kendati demikian, Zaenal juga sudah memberikan pengertian kepada pengurus cabor. Jika sewaktu-waktu keadaan pandemi Covid-19 di Tuban sulit dikendalikan, dengan berberat hati Porkab Tuban juga harus diberhentikan ataupun ditunda.

“Namun, kembali lagi rekomendasi dari Satgas Covid-19 seperti apa. Sebab tujuan diadakan Porkab, pertama untuk mencari bibit atlet baru, untuk memperkuat kontingen Tuban di even Porprov maupun lainnya, kedua menjadi ajang silaturahmi,” pungkasnya.

  • Bagikan