Kunjungi Wisata Giliyang Sumenep Madura, Pulau dengan Oksigen Terbaik Kedua di Dunia - Tugujatim.id

Kunjungi Wisata Giliyang Sumenep Madura, Pulau dengan Oksigen Terbaik Kedua di Dunia

  • Bagikan
Pulau Giliyang di Sumenep yang digadang-gadang punya kadar oksigen tertinggi di dunia. (Foto: YouTube Lively Rutasty/Tugu Jatim)
Pulau Giliyang di Sumenep yang digadang-gadang punya kadar oksigen tertinggi di dunia. (Foto: YouTube Lively Rutasty)

MADURA, Tugujatim.id – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, punya salah satu destinasi yang bisa dibilang unik dan tak bisa ditemukan di daerah lain, yaitu Pulau Gili Iyang atau Giliyang. Destinasi wisata ini diketahui memiliki daya pikat sebagai wisata kesehatan. Sebab, pulau ini digadang-gadang punya kadar oksigen tertinggi di dunia. Hal ini membuat udara yang ada di pulau tersebut terasa sejuk.

Dilansir dari berbagai sumber, dari hasil penelitian, Pulau Giliyang memiliki udara terbaik kedua di dunia setelah Yordania (dan tebersih di Indonesia). Tercatat dalam penelitian Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN tahun 2006, kadar oksigen Pulau Giliyang mencapai 3,4-4,8 persen di atas normal.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep pun mengkaji ulang terhadap Pulau Giliyang pada 2016. Mereka menemukan bahwa konsentrasi oksigen di Pulau Giliyang berkisar 21,5 persen atau 215.000 ppm. Bahkan, saking tingginya kadar oksigennya, pulau disebut sebagai pulau yang awet muda. Terbukti, di pulau ini ada beberapa orang tua yang hidup hingga usia 130-an tahun.

Wisatawan juga bisa menikmati pantai di Pulau Giliyang. (Foto: YouTube Lively Rutasty/Tugu Jatim)
Wisatawan juga bisa menikmati pantai di Pulau Giliyang. (Foto: YouTube Lively Rutasty)

Tertarik untuk mengunjungi pulau ini? Nah, untuk menuju ke Giliyang, wisatawan bisa menuju ke Pelabuhan Dungkek, Sumenep. Dari Pelabuhan Dungkek menuju Pulau Giliyang, sudah banyak perahu motor milik nelayan yang menunggu kedatangan Anda.

Waktu tempuh dari Pelabuhan Dungkek ke Pulau Giliyang antara 45-60 menit dalam kondisi cuaca normal. Setibanya di Pulau Giliyang, Anda tinggal menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan Pulau Giliyang untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara.

Selama berada di Pulau Giliyang, pengunjung bisa menuju sejumlah destinasi wisata lainnya. Misalnya ke gua di tepian pantai Giliyang. Selain itu, ada sejumlah gua yang banyak dikunjungi wisatawan. Di antaranya, 7 gua di Desa Banra’as, dan tiga gua di Desa Bancamara.

Jika ingin menikmati pulau ini lebih lama, Anda bisa menyewa homestay atau rumah warga yang disewakan. Wisatawan yang ingin menyewa rumah warga tak perlu khawatir. Sebab, rumah warga tersebut layaknya hotel berbintang lho. Gimana, apakah Anda ingin segera menuju ke sana?

  • Bagikan