Maag Kambuh saat Lebaran, Berikut Obat Alami Anti Repot

Maag Kambuh saat Lebaran, Berikut Obat Alami Anti Repot

  • Bagikan
Ilustrasi orang sakit maag.
Ilustrasi orang sakit maag. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Pada hari lebaran terkadang pola makan mulai berubah tidak teratur. Saking asiknya merayakan lebaran dengan sajian makan yang banyak, lalu segala jenis makanan pun dilahap. Nah, bagi penderita maag cara makan demikian berpotensi menyebabkan asam lambung meningkat. Maag pun kambuh.

Penyebab maag bisa juga berupa makanan pedas, berlemak, atau bersifat asam. Tentu saja, gangguan lambung membuat perayaan lebaran bersama keluarga menjadi kurang nyaman.

Ditambah lagi di rumah kehabisan obat sakit maag, pastinya semakin membuat repot. Eits, jangan panik dulu. Selain obat kimia ada obat herbal yang dapat kita manfaatkan dari tanaman di sekitar untuk mengobati maag.  Berikut ini obat maag alami di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan.

1. Kunyit

Obat alami pertama yang dapat dimanfaatkan yaitu kunyit. Kunyit termasuk obat alami tradisional yang digunakan untuk membantu meringankan gangguan lambung, seperti gejala sakit maag. Kandungan polifenol di dalamnya memiliki sifat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung.

2. Jahe Merah

Obat alami lainnya yang dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala maag yaitu jahe merah. Jahe merah  memiliki sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan dapat meredakan rasa mual. Selain itu, obat alami ini juga bisa disebut sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif. Artinya, rempah yang bisa dijadikan teh ini bekerja dengan menekan bakteri helicobacter pylori, penyebab asam lambung naik.

3. Daun Kemangi

Daun yang sering dibuat lalapan saat makan di warung penyetan di pinggir jalan ternyata juga bermanfaat untuk hal lain. Daun kemangi juga bisa dipakai sebagai obat alami masalah lambung, seperti maag.

Daun kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan. Artinya, obat herbal maag ini bisa digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung. Namun, Anda perlu menambahkan daun ini secara perlahan karena mengonsumsi terlalu banyak bisa memicu sakit perut.

4. Madu

Madu adalah pemanis alami yang bisa membantu mengatasi masalah lambung, seperti mencegah kenaikan asam lambung dan meredakan sensasi heartburn. Madu termasuk bahan alami yang memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat membantu masalah lambung.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan