Mahasiswa Tak Punya Uang, Coba 5 Rekomendasi Situs Freelance Ini

Mahasiswa Tak Punya Uang, Coba 5 Rekomendasi Situs Freelance Ini

  • Bagikan
Ilustrasi seorang freelancer sedang membuka situs freelance/tugu jatim
Ilustrasi seorang mahasiswa freelancer sedang membuka situs freelance. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Menjadi freelancer merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan bagi mahasiswa. Banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas (freelance) untuk membantu pekerjaan mereka.

Pekerjaan ini tak terbatas hanya bagi yang sudah bekerja, tetapi bisa juga untuk kalangan mahasiswa. Biasanya, freelance lebih kepada hobi seperti fotografi, desain, menulis artikel dan lain-lain.

Berikut 5 rekomendasi situs di mana Anda bisa bekerja freelance.

1. Freelancer Indonesia

Salah satu situs freelancer terbesar ini memiliki regional website Indonesia yaitu Freelancer.co.id. Situs asal Australia ini didirikan pada tahun 2012, hingga kini Freelancer Indonesia telah memiliki lebih dari 550 ribu pengguna yang dapat terhubung secara global dengan 247 negara lainnya.

Pada situs tersebut terdapat berbagai pilihan pekerjaan freelance yang sangat beragam. Untuk mendaftar pada situs ini, Anda perlu kartu kredit atau akun pembayaran virtual. Namun, bisa juga memilih free-trial untuk mencoba menggunakan fitur yang tersedia sebelum membeli sebagai anggota permanen.

2. Sribulancer

Sribulancer adalah salah satu situs pekerja lepas yang paling diminati. Didirikan pada tahun 2014 di Indonesia, saat ini situs ini memiliki lebih dari 160 ribu komunitas freelancer. Sribulancer menawarkan berbagai jenis bidang mulai dari web developer, copywriter, videografer hingga desainer.

Untuk bergabung sebagai anggota, Anda cukup mendaftarkan diri melalui e-mail. Selanjutnya mengisi data diri dan sertakan juga pengalaman bidangmu yang relevan. Anda bisa mengunggah portofolio untuk lebih meningkatkan performa pengalaman. Sistem pembayarannya mudah karena menggunakan transfer bank dan pilihan mata uangnya bisa berupa rupiah atau dolar.

3. Upwork

Situs yang berasal dari California ini merupakan gabungan dari dua situs sebelumnya, yaitu Elance dan oDesk. Upwork terhubung secara global, tetapi Anda dapat memilih negara Indonesia. Berbagai pekerjaan ditawarkan mulai dari desain, penulis, keuangan, pemasaran, arsitektur hingga hukum dan legalitas.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan skil di Upwork melalui tes keahlian secara gratis. Ada dua sistem pembayaran berdasarkan jenis pekerjaan, yaitu fixed rate dan hourly rate. Fixed rate artinya Anda akan dibayar saat proyek selesai, sedangkan hourly rate artinya akan didibayar dengan tarif perjam.

4. Fiverr

Selanjutnya ada Fiverr yang menyediakan berbagai jasa freelancer dari seluruh dunia. Fiverr memberikan ruang bagi freelancer untuk menawarkan keahliannya. Jadi Anda tidak perlu mencari klien, tetapi cukup menawarkan hasil karya dan menunggu klien akan memilih jasamu.

Tarif pembayaran yang bisa ditawarkan kepada klien menggunakan dolar. Jika Anda sangat potensial dan ahli, tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan ribuan dolar.

Untuk mendaftar akun di situs Fiverr, Anda perlu mengisi data diri dan diharuskan untuk melengkapi Gig atau sistem portofolio. Melalui sistem Gig inilah hasil karya dan potensimu dilihat oleh calon klien. Tak hanya itu, Fiverr juga menyediakan fitur kursus keahlian online secara gratis.

5. Projects.co.id

Berdiri sejak tahun 2014, Projects.co.id merupakan situs freelance populer di Indonesia. Di situs ini, Anda akan menemukan berbagai tawaran pekerjaan dengan berbagai bidang seperti desain, digital marketing, pengembangan website, pemasaran dan lain-lain.

Keunikan Projects.co.id tak hanya menawarkan proyek dan promosi freelancer, tetapi juga bisa melakukan jual beli digital seperti template website, software, e-book, desain grafis dan sebagainya.

Pengguna Projects.co.id juga dapat bergabung dengan program Affiliate. Melalui program tersebut, pengguna yang memberikan referral akan mendapatkan komisi sebesar 10 hingga 20 persen. Situs ini terbilang mudah untuk digunakan dan cocok untuk freelancer pemula.

Itulah beberapa rekomendasi situs freelance yang bisa Anda pilih. Bagi yang baru mulai terjun ke dunia freelance, Sribulancer dan Projects.co.id bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman.

Jika potensi dan jam terbang sudah cukup mumpuni, Anda bisa mencoba situs freelance global dengan penghasilan yang cukup tinggi. Ingat, tetap hati-hati dengan pengguna yang mencoba melakukan tindakan scamming, ya!

  • Bagikan