Menang Dramatis, Korea Selatan Full Senyum Taklukkan Portugal 2-1

Korea Selatan. (Foto: IG @hm_son7/Tugu Jatim)
Kegembiraan para pemain Korea Selatan usai berhasil lolos ke babak 16 besar pada Jumat (02/12/2022). (Foto: IG @hm_son7)

Tugujatim.id – Gol kemenangan Hwang Heechan pada menit ke-90 membawa Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar dengan kemenangan 2-1 atas Portugal. Korea Selatan membalikkan keadaan di waktu tambahan setelah serangan balik dari Son Heungmin mampu diselesaikan dengan baik oleh Hwang Hee-Chan.

Di awal pertandingan, Portugal lebih dulu memimpin melalui gol dari Ricardo Horta saat pertandingan baru berjalan 5 menit. Ricardo Horta mencetak gol usai menerima umpan dari pemain Manchester United Diego Dalot yang mampu dia selesaikan dengan baik.

Korea Selatan baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-27. Berawal dari tendangan pojok, clearence yang tidak sempurna dari para pemain Portugal membuat bola malah mengarah ke Kim Young-gwon yang kemudian dia lesatkan bola melewati D. Costa sebelum akhirnya pertandingan ditutup oleh gol dari Hwang Heechan.

Korea Selatan dan Uruguay saling bersaing agar bisa mendapatkan tiket untuk melanjutkan ke babak selanjutnya mewakili Grup H. Keduanya memiliki jumlah poin yang sama dengan menerima 1 kali kekalahan dan 1 kali hasil imbang.

Kemenangan Uruguay 2-0 melawan Ghana tidak cukup untuk membawa Luiz Suarez dan kawan-kawan untuk bisa lolos ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dengan Korea Selatan. Dengan hasil tersebut membuat Korea Selatan melaju ke babak 16 besar untuk kali ketiga.

Ini juga merupakan kali ketiga bagi Portugal yang berhasil melaju ke babak selanjutnya sebagai pemuncak grup. Di babak 16 besar, Korea Selatan akan menghadapi Brazil pada hari Selasa (05/12/2022). Sedangkan Portugal akan bertemu Swiss pada Rabu (06/12/2022).