BATU, Tugujatim.id – Optik Internasional adalah salah satu pelopor jaringan toko optik yang terbaik di Indonesia. Dengan pengalaman yang solid sejak tahun 1972, perusahaan optikal ini telah melayani kebutuhan kacamata dan segala produk optikal kepada masyarakat Indonesia.
Untuk meningkatkan kultur pelayanan dan kompetensi komunikasi para karyawannya, pemilik dan pendiri Optik Internasional Linggarjanto Boedi Oetomo khusus mengundang Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang merupakan salah seorang sahabatnya untuk memberikan Sharing Komuniksi dan Motivasi.
Setelah disekapati, pada Senin 13 Maret 2023, Dr Aqua akan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Untuk Maju Bersama Mengelola dan Mengembangkan Perusahaan” di Hotel Golden Tulip Holland Resort Jl. Cherry No. 10 Kota Batu, Jawa Tmur.
Sharing Komunikasi kali ini diarahkan kepada sekitar 100 karyawan Optik Internasional yang merupakan perusahaan jaringan pelayanan kesehatan mata (optikal) di Indonesia. Saat ini, Optik Internasional memiliki lebih dari 250 toko kacamata di seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah karyawan keseluruhan mencapai 1.000.
“Keberhasilan dalam bisnis tak bisa dilepaskan dari unsur pelayanan terbaik kepada konsumen. Pelayanan optimal juga bermula dari motivasi kuat karyawan serta bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan. Bagaimana hal ini bisa diserap oleh staf kami, maka kami meminta khusus Dr Aqua Dwipayana yang memiliki pengetahuan luas dan pengalaman langsung dalam komunikasi untuk berbicara,” ungkap Linggarjanto Boedi Oetomo yang dijuluki “Raja Kacamata”.
Sebagai apresiasi dan wujud keseriusan Linggar pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu, pria yang memiliki karakter kuat tersebut memimpin langsung kegiatan itu. Putri bungsunya Yenny Kartika yang merupakan penerusnya di bisnis tersebut turut mendampingi papanya
Sementara itu, Dr Aqua menyambut positif permintaan Linggar. Hal tersebut dipandangnya sebagai rezeki sekaligus amanah yang harus dilaksanakan dengan baik. “Menjalankan komunikasi efektif menjadi salah satu aspek terpenting sebagai upaya menciptakan kultur pelayanan yang mumpuni dalam sebuah organisasi atau perusahaan,” ucap pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu.
Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini menjelaskan kultur pelayanan merupakan hal yang utama dan sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang apapun. “Kultur pelayanan itu salah satunya terletak pada kecerdasan berkomunikasi seluruh unsur perusahaan, termasuk para karyawannya. Hal tersebut menjadi salah satu syarat baik untuk kesuksesan karier maupun perjalanan bisnis seseroang ataupun sebuah perusahaan,” kata Dr Aqua menegaskan.
Prestasi Optik Internasional
Optik Internasional Group adalah perusahaan yang bergerak pada pelayanan kesehatan di bidang perkacamataan atau optikal, yang mengutamakan tingkat kenyamanan kesehatan mata masyarakat, serta memberikan solusi terbaik untuk kebutuhkan kacamata.
Optik Internasional didirikan pada tahun 1972, oleh Linggarjanto Boedi Oetomo, selaku pemilik dan Direktur Utama. Beliau adalah sosok pekerja keras dan berkat ketekunan sang owner membuat perusahaan ini maju dan berkembang pesat. Beliau selalu mempunyai tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dan selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas atas pelayanan dan produk demi kepuasan masyarakat.
Optik Internasional Group saat memberikan pelayanan kesehatan mata di bidang perkacamataan ini ditangani oleh tenaga ahli di bidangnya. Juga didukung pengawasan Refraksionis Optisien (RO) dan ditunjang dengan peralatan canggih antara lain mesin komputer untuk pemeriksaan mata, lensometer (alat pengatur ukuran lensa), mesin lensa (faset) otomatis dan tools finishing.
Optik Internasional Group mempunyai organisasi manajemen yang solid dan profesional. Perusahaan ini selalu membawa visi dan misi tersebut seimbang di era globaliasi. Peralatan optik didukung dengan kecanggihan informasi dan teknologi baik dari segi kinerja, peralatan kerja optik, sistem infomasi dan teknologi, administrasi serta sumber daya manusia yang mengutamakan profesionalisme kerja. Setiap karyawan diberikan pelatihan tentang perkacamataan. Supaya bisa memberikan informasi perkacamataan, baik dari segi pengetahuan tentang produk, kemampuan optikal, salesmen dan marketing. Sehingga bisa terus eksis dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif ini.
Visi:
Unggul dalam Pelayanan.
Menyediakan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau.
Optik terbesar dan terbaik di Indonesia untuk kalangan menengah ke bawah.
Misi:
Memberikan keuntungan optimal bagi pemilik modal.
Mensejahterakan semua anggota organisasi.
Berdarma bakti pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Penghargaan
Gold Winner Indonesia Business Platinum Awards 2016-2017 dari Rekor Prestasi Indonesia.
Ranked 1 Award Indonesia Most Trusted Company Award Winning dari Rekor Prestasi Indonesia.
No. 1 Winner Award Rekor Bisnis & Profesional Indonesia dari Rekor Prestasi Indonesia.
1 Award Winner The Indonesia Business Award Winner 2015 dari Rekor Prestasi Indonesia.
Serangkai Apresiasi 2017 Bersatu untuk Indonesiaku yang Terbaik dari DJP untuk Mitra Kerja & Pembayaran Pajak dari KPP Pratama Malang Selatan.
Penghargaan dari Lions Club Malang Indah terhadap Optik Internasional. Atas partisipasinya sebagai Sponsor Lions Internasional Peace Poster Contest 2011 (Malang, 23 Oktober 2011).
Penghargaan dari Perhimpunan alumi Jerman Indonesia terhadap Internasional Optik. Atas inisiatif dan jasanya dalam penggalangan dana untuk korban Gunung Agung di Bali melalui donasi dalam konser we are one di Wisma Jerman, Surabaya (Surabaya, 27 Januari 2018)
Penghargaan dari BPJS Kesehatan Peduli JKN-KIS untuk Indonesia terhadap PT. Internasional Budi Cemerlang. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKNKIS bagi peserta. (Jakarta, 15 Juli 2018).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan Peduli JKN-KIS untuk Indonesia terhadap Optik Internasional. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Jakarta, 15 Juli 2018).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan Peduli JKN-KIS untuk Indonesia terhadap Internasional Optik. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Jakarta, 15 Juli 2018).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan Peduli JKN-KIS untuk Indonesia terhadap PT. Optik Internasional. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Jakarta, 15 Juli 2018).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Makassar, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Surabaya, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional cabang Baubau. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Makassar, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari Lions Club Malang Indah terhadap Optik Internasional. Atas partisipasi pada penyelenggaraan 31th Annual Lions International Peace Poster Contest 2018 yang diselenggarakan oleh Lions Club Malang Indah (Malang, 21 Oktober 2018).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional cabang Mamuju. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Makassar, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional Pekanbaru. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Pekanbaru, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional Pamekasan. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Pamekasan, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional Trenggalek. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Surabaya, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional Wajo. Atas dukungan dan gotong royong terhadap Program JKN-KIS dengan berdonasi dalam bentuk mendaftarkan dan membayarkan Iuran JKN-KIS bagi peserta. (Wajo, 15 Juli 2019).
Penghargaan dari Forum Komunikasi Warga Tionghoa Malang Raya terhadap Optik Internasional. Atas partisipasi memberikan donasi terselenggaranya acara Seminar Kesehatan & Pendidikan dengan Pembicara Dr. Susianto, MKM dan Dr. Seto Mulyadi, S.Psi (Malang, 10 Maret 2019).
Penghargaan dari BPJS Kesehatan terhadap Optik Internasional. Sebagai Badan Usaha yang telah berpartisipasi dalam Program Inovasi Pendanaan Masyarakat Peduli Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. (Surabaya, 25 Agustus 2022).(*)