PeduliLindungi bisa Diakses di Banyak Aplikasi, Cukup Scan QR Code

PeduliLindungi bisa Diakses di Banyak Aplikasi, Cukup Scan QR Code

  • Bagikan
Aplikasi PeduliLindungi kini bisa diakses di banyak mitra aplikasi yang sudah familiar seperti Gojek, Grab hingga Traveloka/tugu jatim
Aplikasi PeduliLindungi kini bisa diakses di banyak mitra aplikasi yang sudah familiar seperti Gojek, Grab hingga Traveloka. (Foto: Azmy)

Tugujatim.id – Aplikasi PeduliLindungi kini dapat diakses di 15 aplikasi lain. Caranya cukup sederhana dengan scan QR code lewat aplikasi itu jika dibutuhkan. Kemudahan ini dipastikan setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI resmi mengintegrasikan PeduliLindungi dengan 15 aplikasi lain.

15 mitra aplikasi tersebut di antaranya ialah Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Livin’ by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja!, GOERS, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI Mobile dan juga MCash.

Bahkan saat ini Kemenkes telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 50 mitra platform digital. Kelima belas aplikasi ini adalah mitra baru yang sedang dalam tahap uji coba

“Kami memandang PeduliLindungi ini akan lebih luas lagi pemanfaatannya. Harapannya aplikasi ini bisa berkolaborasi dengan mitra lainnya,” kata Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji, dilansir dari kumparan.com.

Dengan terintegrasinya aplikasi PeduliLindungi di mitra aplikasi yang sudah familiar di mata warga, maka optimalisasi memori ponsel pribadi bisa lebih efisien. Kendati begitu, Setiaji menjamin data pribadi pengguna tetap aman.

Dijelaskan dia, konsep penggunaan scan QR Code di aplikasi pihak ketiga ini tetap sama. Sebelum scan pengguna diminta memasukkan nama lengkap dan NIK. Setelah berhasil scan, akan ada 3 indikator warna yang akan muncul.

Berikut arti tiga indikator warna yang muncul.

MERAH

Warna merah pada QR COde PeduliLindungi artinya pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

KUNING

Warna kuning artinya pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung bisa diperbolehkan masuk usai petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

HIJAU

Warna hijau pada barcode PeduliLindungi merupakan status aman bagi pemiliknya. Warna hijau artinya pengunjung sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan diperbolehkan masuk tempat umum.

Sebagai informasi, pentingnya penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini memperkuat upaya pengendalian COVID-19. Masyarakat diimbau untuk melakukan check-in secara mandiri dengan memindai QR Code PeduliLindungi di fasilitas umum.

Dengan kerja sama ini, seluruh proses verifikasi dan pemrosesan data tetap dilakukan oleh PeduliLindungi. Sehingga, masyarakat tetap merasa aman dan nyaman menggunakan aplikasi apapun untuk mengakses PeduliLindungi.

  • Bagikan