Pelantikan Pengurus GP Ansor Kota Pasuruan, Hadirkan Inovasi Baru E-Money Kartu Sigap Motivasi Kinerja Pemuda

GP Ansor Kota Pasuruan. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Pengurus PW GP Ansor Kota Pasuruan berfoto bersama usai dilantik di Ballroom Hotel Ascent, Kota Pasuruan, Rabu malam (07/12/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Jajaran Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Pasuruan periode 2021-2025 resmi dilantik pada Rabu malam (07/12/2022). Ketua PC GP Ansor Kota Pasuruan Abdul Mukthi Chifdi bersama 26 pengurus dilantik langsung oleh perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jatim dan PCNU Kota Pasuruan di Ballroom Hotel Ascent, Kota Pasuruan.

Pelantikan pengurus PC GP Ansor Kota Pasuruan juga disaksikan Sekjen PB NU sekaligus Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf beserta jajaran forkopimda.

Ketua PC GP Ansor Kota Pasuruan Abdul Mukthi Chifdi mengatakan, meski kepengurusannya baru bisa dilantik tahun ini, tapi pihaknya sudah melaksanakan berbagai program kerja sejak terpilih setahun yang lalu. Salah satu inovasi program yang jadi prioritas adalah kartu Sigap yang diambil dari semboyan “Siap Bergerak Berdampak”.

Pria yang akrab disapa Gus Didit ini mengatakan, kartu Sigap adalah layanan E-Money untuk pengurus dan kader PC GP Ansor Kota Pasuruan agar dapat benefit dan profit tambahan ketika membeli produk UMKM lokal.

Sebagai cara memotivasi pengurus dan anggota PCNU Kota Pasuruan makin giat melakukan kerja sosial keagamaan di masyarakat sekaligus meramaikan pasar jual beli produk UMKM di Kota Pasuruan.

“Prioritasnya ya Sigap Card ini, yang punya benefit profit oriented untuk sahabat Ansor, misalnya dapat diskon ketika ke kafe atau beli produk UMKM yang sudah kerja sama. Jadi, kami bisa bangga jadi orang Ansor,” ujar Gus Didit.

PC GP Ansor Kota Pasuruan juga mengadakan program penguatan kajian islam, mulai dari berdakwah ke rusunawa-rusunawa hingga dakwah di jalanan. Di bidang hukum, PC Ansor Kota Pasuruan punya LBH dengan tujuh advokat muda yang siap membantu masyarakat Kota Pasuruan yang berurusan dengan hukum.

PC Ansor Kota Pasuruan juga berupaya mengoptimalkan peran Badan Anti Narkoba (Banar) dengan tidak sebatas sosialisasi ke sekolah-sekolah, tapi juga merekrut mantan pecandu narkoba untuk aktif dalam gerakan Ansor.

“Harapannya, kami terus bergerak dan berdampak, bukan sebatas melakukan program kerja saja tapi juga dalam momentum gerakan-gerakan sosial. Termasuk kaderisasi juga terus kami gencarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen PBNU sekaligus Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf mengapresiasi kinerja PC Ansor Kota Pasuruan yang tetap optimal selama setahun terakhir, meski baru dilantik tahun ini. Gus Ipul berharap kader-kader pemuda Ansor Kota Pasuruan ini bisa membuat perubahan yang positif bagi Kota Pasuruan.

“Semoga kaderisasinya lancar dan diharap partisipasinya untuk memajukan Kota Pasuruan,” ujarnya.