Pemerintah Kota Batu Targetkan 5 Juta Kunjungan Wisata di 2022

Pemerintah Kota Batu Targetkan 5 Juta Kunjungan Wisata di 2022

  • Bagikan
Wisatawan yang sedang berkunjung ke lokasi wisata di Kota Batu.
Wisatawan yang sedang berkunjung ke lokasi wisata di Kota Batu. (Foto: Azmy)

BATU, Tugujatim.id –  Pemerintah Kota Batu menargetkan kunjungan wisata di tahun 2022 ini bisa tembus 5 juta wisatawan. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan target kunjungan di tahun 2021 lalu, yaitu sebanyak 2 juta wisatawan. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Sidiq, Senin (14/2/2022).

Target ini, menurut Arief As Sidiq berangkat dari adanya tren positif di tahun 2021 meskipun masih dalam masa pandemi. Angka kunjungan di tahun 2021 lalu tembus 2,4 juta dari objek wisata dan hotel.

”Melihat tren itu, jika meski dalam kondisi pandemi di tahun 2022, saya kira target 5 juta wisatawan masih akan tercapai,” kata Arief.

Untuk mencapai target 5 juta kunjungan wisata di tahun 2022 ini, pihaknya menyiapkan berbagai upaya, seperti membuat kalender event dalam satu tahun. Selain itu, juga memperketat penerapan prokes di objek-objek wisata sehingga menciptakan jaminan wisata yang aman.

Selain itu, dia juga akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah se Malang Raya untuk bersama saling mempromosikan pariwisata di masing-masing wilayah. Kemudian menggerakkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) yang telah dilantik sejak akhir tahun 2021 lalu.

Sementara, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko akan mendorong kunjungan wisata ke kota apel ini lewat menampilkan kesenian lokal Kota Batu di hotel-hotel.

Dewanti akan menyusun Peraturan Wali Kota (Perwali) sehingga setiap hotel bisa bersama dan semarak menampilkan kesenian lokal.

“Nanti melalui dinas terkait (Disparta, red) akan merancang draft Perwali tersebut,” jelas dia.

Sebelum perwali ini ada, Dewanti juga kerapkali mendorong hotel-hotel untuk memanggil seniman lokal memberikan mereka ruang. Hal seperti ini sudah dilakoni pelaku usaha hotel di Banyuwangi.

”Bayangkan berapa hotel yang ada di Kota Batu yang bisa menampilkan kesenian lokal, pasti akan sangat menarik dan menghibur dan membahagiakan,” ujarnya.

  • Bagikan