Penyembelihan Hewan Kurban di Kota Batu Baru Dimulai Besok, Wajib di RPH

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso usai menyalurkan hewan kurban ke Masjid An Nur Kota Batu, Selasa (20/7/2021). (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Penyembelihan hewan kurban di Kota Batu pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 ini bakal sedikit berbeda dengan daerah lain. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memutuskan agar penyembelihan baru digelar mulai Rabu (21/7/2021) besok. Tak hanya itu, pihaknya juga mewajibkan pemotongan hewan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Untuk diketahui, Pemkot Batu telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu No. 440 Tahun 2021 terkait penyembelihan hewan kurban. Dalam edaran tersebut, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dimulai pada 11 hingga 13 Dzulhijjah 1442 H atau 21 hingga 23 Juli 2021 mendatang.

Dalam SE tersebut juga mengharuskan penyembelihan hewan kurban agar dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). Di mana, dalam pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menuturkan, segala aturan pembatasan kegiatan masyarakat yang ada, semata mata dilakukan demi menjaga masyarakat dari kerumunan. Sehingga dengan jarak yang selalu terjaga maka penularan Covid-19 dapat terminimalisir.

Dalam Hari Raya Idul Adha yang juga dilarang digelar di masjid itu, pihaknya hanya melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis. Disebutkan, ada 5 sapi limosin yang telah disalurkan di beberapa masjid Kota Batu.

“Hari ini kami hanya menyalurkan hewan kurban dari Pemerintah Kota Batu. Dari Wali Kota di Masjid At Taqwa dan dari saya di Masjid An Nur,” ujarnya, Selasa (20/7/2021).

“Selain itu, Ketua DPRD Kota Batu, Wakil Ketua 1 dan 2 DPRD juga menyalurkan hewan kurban. Masing masing di Masjid Al Mutataqim, Ponpes Nurul Hidayah dan Musalah Babussalam,” imbuhnya.

Sementara itu, Takmir Masjid An Nur Kota Batu, Agus Salim menjelaskan, pada Idul Adha kali ini ini pihaknya tidak melakukan penyembelihan hewan kurban tepat di Hari Raya Idul Adha. Namun dilakukan sehari setelah hari raya sesuai arahan Wali Kota Batu.

“Dari seluruh hewan kurban yang terkumpul, rencana pemotongan tidak hari ini. Tapi besok mengikuti aturan pemerintah,” tuturnya.

Disebutkan, Masjid An Nur telah menerima 19 hewan kurban pada Idul Adha tahun ini. 19 hewan kurban itu, sembilan ekor diantaranya adalah sapi dan 10 ekor sisanya adalah kambing.

“Penyembelihan akan dilakukan di RPH. Penyerahan daging juga akan disalurkan oleh panitia ke rumah rumah masyarakat yang berhak menerima untuk menghindari antrean panjang,” jelasnya.

  • Bagikan