News  

Santuni Anak Yatim Piatu di Malang Raya, Unikama Berbagi Paket Bingkisan Hari Raya

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Penyerahan simbolis santunan berupa uang tunai dan paket sembako oleh Ketua PPLP PT PGRI Malang Drs Abdul Bakar kepada Ketua Pelaksana Dr Ir Henny Leondro SPt MP IMP ASEAN Eng pada Jumat (22/04/2022). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Tak hanya fokus pada bidang akademik, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) juga melakukan aksi sosial di bulan Ramadhan dengan membagikan bingkisan Hari Raya. Kali ini sasaran dari Unikama adalah anak yatim piatu di Kota Malang. Tak tanggung-tanggung, Unikama menyalurkan santunan dan bingkisan Hari Raya kepada 18 panti asuhan di Malang Raya pada Jumat (22/04/2022).

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Unikama memberangkatkan empat kendaraan untuk menyalurkan santunan ke-18 panti asuhan yatim piatu di Malang Raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

Ketua Pelaksana Dr Ir Henny Leondro SPt MP IPM ASEAN Eng menyampaikan, kegiatan yang rutin digalakkan setiap tahun ini dalam rangka untuk mewujudkan peran perguruan tinggi di tengah kehidupan bermasyarakat, utamanya menjelang Lebaran. Dia mengatakan, sebelum pandemi, pihaknya rutin mengundang pihak yayasan beserta anak yatim piatu dengan menggelarnya bersama di kampus. Namun, sejak pandemi, pihaknya memilih untuk berkunjung ke satu per satu panti asuhan yang telah ditunjuk.

“Karena pandemi, tidak memungkinkan untuk kami mengumpulkan mereka di kampus. Jadi, kami berinisiatif untuk bergantian mengunjungi panti asuhan. Setiap tahun biasanya bergantian lokasi panti asuhannya untuk menyalurkan bingkisan Hari Raya,” ujarnya usai memberangkatkan empat kendaraan untuk mengantar santunan itu.

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Ketua PPLP PT PGRI Malang Drs Abdul Bakar.(Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

Santunan dan bingkisan Hari Raya ini, dia melanjutkan, berasal dari donasi yang telah terkumpul dari seluruh dosen dan karyawan Unikama beserta yayasan. Total nilainya sebesar Rp54 juta.

Menurut perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Kerjasama, dan Informasi Komunikasi tersebut, selain belasan panti asuhan, Unikama juga memberikan santuan kepada dua keluarga yang membutuhkan.

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Ketua Pelaksana Dr Ir Henny Leondro SPt MP IMP ASEAN Eng. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

“Satu untuk keluarga dari kalangan Unikama, satu lagi keluarga yang bertempat tinggal di wilayah Kota Batu,” sambungnya.

Untuk bentuk santunan yang diberikan, di antaranya uang tunai senilai Rp1 juta dan paket sembako.

“Dari 18 panti asuhan, 10 panti kami kunjungi langsung. Untuk yang 8 lainnya kami berikan santunan dalam bentuk transfer ke masing-masing panti asuhan,” jelasnya.

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Pendistribusian paket sembako. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan sekaligus mendekatkan Unikama kepada masyarakat.

“Semoga kegiatan berbagi yang rutin dilakukan jelang hari raya ini bisa berdampak positif bagi masyarakat, terutama bagi dosen yang berkontribusi di dalamnya,” ujarnya.

Bingkisan hari raya. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)
Proses pendistribusian paket sembako. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang)

Sementara itu, Wakil PPLP PT PGRI Malang Drs Abdul Bakar memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan ini. Apalagi, santunan ini juga menjadi wujud tingginya empati keluarga besar Unikama kepada masyarakat di sekitarnya.

“Kami sebagai pengurus sangat berterima kasih bahwa semakin banyak dari keluarga besar Unikama yang memiliki empati. Semoga tahun berikutnya bisa lebih besar lagi dan dapat kembali disalurkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.(adv)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim