Sederet Prestasi Gemilang Dalang Ki Manteb Sudarsono yang Meninggal pada 2 Juli 2021

  • Bagikan
Dalang Ki Manteb Sudarsono saat mendalang. (Foto: Wikipedia)
Dalang Ki Manteb Sudarsono saat mendalang. (Foto: Wikipedia)

SURABAYA, Tugujatim.id – Ki Manteb Sudarsono (Manteb Soedharsono) merupakan sosok yang begitu ikonik dan penting dalam dunia dalang dan pewayangan di masa kontemporer. Akan tetapi, dalang kondang yang mempunyai jargon “Pancen Oye” tersebut wafat pada Jumat pagi (02/07/2021) pada kediaman di Desa Doplang, Kecamatan Karang Pandan, Kabupaten Karanganyar.

Ki Manteb sebelumnya sempat menjalani perawatan di rumah sejak Senin (28/06/2021). Di lain waktu, Ki Manteb juga sempat berkunjung ke Jakarta bersama anak dan istrinya untuk pagelaran pentas. Banyak sekali sepak terjang dan prestasi yang sudah ditorehkan Ki Manteb Sudarsono di dunia dalang dan pewayangan.

1. Penghargaan Bidang Kebudayaan tahun 2010

Pertama, tepat pada tahun 2010 Ki Manteb mendapatkan sebuah penghargaan dalam bidang kebudayaan, lantaran kontribusinya yang begitu besar bagi kelestarian dan kemajuan budaya di Indonesia, terutama dalam kebudayaan wayang kulit seperti yang ditekuninya.

Baca Juga: Salak Condet Maskot Jakarta, Nasibmu Kini – Kliktimes.com

Baca Juga: Ki Manteb Soedarsono Wafat, Ini Suasana Kediamannya – Kliktimes.com

Baca Juga: Agrowisata Temanjang Blora dan Sumber Air Dung Mansur yang Tak Pernah Kering – Javasatu.com

Baca Juga: Pasar (Pajak) Melati Medan, Wisata Belanja Pakaian ‘Loak’ Kualitas Impor – Javasatu.com

2. Penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari Soeharto tahun 1995

Di sisi lain, pada masa kampau Ki Manteb Sudarsono juga sempat menorehkan prestasi, tepatnya pada tahun 1995 Ki Manteb mendapatkan sebuah penghargaan dari Presiden Soeharto berupa Satya Lencana Kebudayaan. Merupakan penghargaan yang penting bagi sepak terjang Ki Manteb.

3. Dapat Dukungan dari Pakar Seni STSI tahun 1998

Selain itu, tepat pada awal tahun 1998 Ki Manteb memiliki agenda untuk menggelar pertunjukkan kolosal di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dengan lakon Rama Tambak. Pergelaran yang sukses ini mendapat dukungan dari pakar wayang Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung.

4. Memecahkan Rekor MURI Dalang tahun 2004

Yang lebih menarik lagi dari sosok Ki Manteb, dirinya pernah mendapatkan penghargaan tergengsi. Yakni pada tahun 2004 Ki Manteb memecahkan rekor MURI mendalang selama 24 jam 28 menit tanpa istirahat. Luar biasa, di kala usianya tidak muda lagi saat itu.

Perlu diketahui, Ki Manteb juga belajar dari banyak pendalang legendaris seperti Ki Nartosabdo dan Ki Darman Gondo Darsono.

  • Bagikan