Selain Indah, Ini Lho Manfaat Tanaman Hias…!

  • Bagikan
Bunga krisan sebagai tanaman hias yang juga memiliki manfaat dapat hilangkan partikel beracun di udara. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Bunga krisan sebagai tanaman hias yang juga memiliki manfaat dapat hilangkan partikel beracun di udara. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tanaman hias biasanya digunakan sebagai pajangan untuk mempercantik rumah. Namun tahukah Anda, ternyata tanaman hias memiliki serangkaian manfaat lain yang jarang sekali diketahui.

Tanaman hias sangat berguna bagi kesehatan manusia lho…! Yuk simak penjelasan mengenai manfaat tanaman hias selain sebagai pajangan di rumah.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang mungkin setiap hari kita jumpai. Berbagai cara dilakukan untuk mengusir serangga pengisap darah ini. Tahukah Anda jika tanaman selasih dan geranium ternyata bisa digunakan untuk mengusir nyamuk karena tanaman tersebut tidak disukai nyamuk.

2. Menghilangkan Partikel Beracun dari Udara

Beberapa tanaman hias mampu menghilangkan partikel polusi di udara, seperti english ivy, bunga krisan, peace lily, dan berbagai spesies tanaman hias lainnya.

Tanaman-tanaman ini mampu menyaring dan menghilangkan kandungan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia dari udara –bahan kimia yang sering mengakibatkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

3. Menetralisasi Bau Tak Sedap

Tidak perlu menyemprotkan parfum ke seluruh ruangan jika ingin ruangan Anda menjadi wangi, tanaman seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily bisa menjaga udara tetap segar serta wangi. Tanaman-tanaman ini sama efektifnya dengan penyegar ruangan.

4. Menurunkan Tingkat Kebisingan

Tanaman indoor seperti rubber plants dan weeping fig dapat menurunkan tingkat kebisingan dengan cara menyerap gelombang suara. Tanaman ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki rumah di samping jalan raya. Wow, bisa Anda coba nih…

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Cobalah menempatkan tanaman seperti lavender atau bunga melati di dalam kamar jika Anda mengalami insomnia atau susah tidur. Tanaman-tanaman berbunga ini mampu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasa mengganggu tidur.

6. Meredakan Flu dan Batuk

Tanaman hias jenis eucalyptus dipercaya mampu meredakan flu dan batuk. Eucalyptus berfungsi sebagai dekongestan alami yang memiliki efek melegakan. Ketika menghirup aromanya, batuk berdahak, pilek, dan hidung tersumbat akan kembali reda.

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Kadar karbondioksida atau CO2 yang berlebih dalam ruangan dapat membuatmu mudah lelah, letih, dan lesu. Hal ini tentu akan mengganggu kelancaran aktivitas dan menurunkan tingkat produktivitas Anda.

Dengan adanya tanaman hias di dalam ruangan, CO2 akan terserap dan tergantikan oleh O2 yang dibutuhkan tubuh. Anda pun dapat kembali fokus melanjutkan aktivitas apa pun. (Mila Arinda/ln)

 

  • Bagikan