News  

Selenggarakan Internasional Workshop on TPACK, Unikama Menuju Internasionalisasi Kampus

Sinergi Prodi PGSD Unikama dengan IPGM Malaysia.
Sinergi Prodi PGSD Unikama dengan IPGM Malaysia. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Menuju kampus internasional, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) selenggarakan Internasional Workshop on TPACK (Technological, Pedagogical anf Content Knowledge) secara hybrid, Sabtu (23/7/2022).

Karena kegiatan ini dalam rangka internasionalisasi kampus maka melibatkan peserta dari kalangan mahasiswa dan dosen dari Unikama hingga Institut Pendidikan Guru Malaysia (IPGM). Sementara inisiatornya adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dr Cicilia Ika Rahayu Nita MPd, Ketua Prodi PGSD, menjelaskan bahwa kegiatan ini masih satu rangkaian implementasi dari hibah PKKM yang telah diperoleh sebelumnya.

Proses pembuatan karya seni oleh mahasiswa Unikama dan IPGM. (Foto: Dokumen)

“Salah satu programnya adalah pengembangan TPACK untuk mengangkat penciri khusus prodi. Kemudian penciri khusus prodi tersebut salah satunya adalah seni,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan suatu pengalaman baru khususnya kepada mahasiswa asal Malaysia yang arahnya nanti pada internasionalisasi dan pertukaran pelajar.

“Itu merupakan kegiatan kami, menginternalisasi TPACK dalam karya tari,” sambungnya.

Pertunjukan tari tersebut, tambah Cicilia, merupakan kolaborasi antara Unikama dan IPGM dalam memainkan alat musik gamelan dan menghasilkan sebuah koreografi dalam waktu singkat.

“Seni tari itu kemudian kita rekam sebelumnya dalam bentuk video tari untuk diputar pada saat workshop. Kurang lebih sekitar 30 menit kita bisa menunjukkan rekaman video tersebut kepada mahasiswa Malaysia utamanya,” imbuh Cicilia.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim