Sewa Kos untuk Kuliah, Perhatikan 6 Hal Ini

Sewa Kos untuk Kuliah, Perhatikan 6 Hal Ini

  • Bagikan
Ilustrasi dua remaja putri dan aktivitasnya di kamar kos/tugu jatim
Ilustrasi dua remaja putri dan aktivitasnya di kamar kos. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Tempat kos atau persinggahan sementara menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa yang merantau. Tempat ini disinyalir menjadi rumah kedua bagi mereka. Maka, memilih tempat kos tidak bisa sembarangan. Ada enam hal yang perlu diperhatikan ketika mencari tempat kos, khususnya bagi mahasiswa atau pelajar. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut.

1. Lokasi

Dalam mencari tempat kos, perlu memerhatikan lokasi kampus atau sekolah tempat kita belajar. Di sekitarnya tentu akan banyak tempat yang menawarkan kos. Kita dapat memilih lokasi yang tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dari tempat kita belajar.

Lokasi yang terlalu dekat bisa kurang ideal karena biasanya biaya kosnya relatif mahal. Sementara jika terlalu jauh akan kesulitan saat harus ke tempat belajar, bahkan butuh tambahan biaya kendaraan. Jarak idealnya, bisa kita asumsikan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Selain jarak, para pelajar pun harus memerhatikan kondisi sekitar tempat kos. Sebab lingkungan dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku kita nantinya. Misalnya, kos yang dekat dengan lokasi hiburan malam atau diskotik sangat tidak disarankan untuk dipilih.

2. Tarif

Perkara yang satu ini tidak boleh dilupakan. Ketika memilih tempat kos, kita perlu memerhatikan kemampuan keuangan yang ada. Hendaknya mencari kos yang tarifnya standar dan tidak terlalu memberatkan diri sendiri, yang penting cukup nyaman untuk ditempati meskipun tidak terlalu mewah.

3. Fasilitas

Fasilitas merupakan salah satu aspek penting dalam mempertimbangkan tempat kos. Fasilitas ini antara lain luas kamar, perabotan, dapur, kamar mandi, dan tempat jemuran.

Kita dapat melihat secara langsung fasilitas apa saja yang ditawarkan. Selain kelengkapan fasilitas, kita perlu memastikan bahwa kos tersebut memenuhi standar kebersihan dan kenyamanan.

Kenyamanan terkait dengan sirkulasi udara dalam kamar, intensitas cahaya, kebersihan dan sanitasi. Kebersihan adalah faktor penunjang kesehatan kita. Bayangkan saja jika kita tinggal dalam kamar kost yang sempit, sumpek, dan gelap, tentu akan mudah stres dan terserang penyakit.

4. Jenis Kos

Ada beberapa macam kos. Kos campur putra-putri, kos putri pelajar, kos putri umum, putra pelajar atau umum. Untuk mahasiswa hendaknya memilih kos khusus pelajar. Agar lebih nyaman. Sementara untuk mahasiswi sebaiknya memilih  kos khusus putri agar dapat menjaga diri dari pergaulan yang salah.

5. Tuan Rumah atau Ibu Kos

Satu aspek penting lainnya adalah tuan rumah. Ada orang yang hanya mementingkan ketersediaan tempat dan melupakan tuan rumah. Padahal karakter tuan rumah sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kos.

Kita hendaknya mencari kos yang dikelola tuan rumah yang ramah, perhatian dan menyenangkan. Kita akan sering berinteraksi dengan mereka bahkan menjadikan mereka seperti bagian dari keluarga. Jadi selain memastikan yang aspek fisik kos juga harus mempertimbangkan aspek psikis yakni perhatian dan sikap yang baik dari tuan rumah atau ibu kos

6. Peraturan

Ketika memilih kos perlu juga memastikan keterbukaan informasi dari pemilik kos, baik tentang transaksi sewa kos, peraturan, dll. Misalnya, bagaimana pengaturan bagi kost putri apakah laki-laki diperbolehkan masuk atau tidak? Adakah jam malam sebagai batas waktu maksimal anak kos pulang? Dsb.

Itulah beberapa hal penting yang harus dipahami ketika memilih tempat kos. Harapannya, agar pelajar mendapatkan kosan yang nyaman dan aman sehingga kegiatan belajar bisa berlangsung dengan baik.

  • Bagikan