Sudah Makan tapi Merasa Lapar, Ketahui 6 Hal Ini Sebabnya

Sudah Makan tapi Merasa Lapar, Ketahui 6 Hal Ini Sebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi sering konsumsi makanan tetapi masih merasakan lapar/tugu jatim
Ilustrasi sering konsumsi makanan tetapi masih merasakan lapar. (Foto: Pexels)

Tugujatim.idRasa lapar adalah pertanda bahwa kita membutuhkan makanan. Rasa ini bisa segera dihilangkan dengan mengkonsumsi sesuatu. Tapi, persoalannya ada yang sudah makan namun masih merasa lapar. Nah, untuk hal ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal dalam tubuh, di antaranya ketidakseimbangan hormon, pola makan, dan gaya hidup.

Melansir dari Healthline rasa lapar setelah makang tidak berarti menunjukkan bahwa Anda membutuhkan makanan, tetapi bisa terjadi hal lain. Berikut enam alasan yang menjelaskan munculnya rasa lapar meskipun sudah makan.

1. Kurang Protein

Pada dasarnya protein memiliki sifat pengurang rasa. Mengonsumsi protein yang cukup dapat mengendalikan nafsu makan seseorang. Protein bekerja untuk meningkatkan produksi hormon dengan memberi sinyal kenyang.

Selain itu, protein juga dapat mengurangi hormon yang merangsang rasa lapar. Ketika Anda kekurangan protein dalam tubuh maka sering merasakan lapar. Untuk itu, konsumsilah protein yang cukup yang bisa Anda dapatkan di berbagai makanan, seperti produk hewani, susu, dan beberapa makanan nabati.

2. Kurang Tidur

Tidur yang cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Banyak orang yang mengabaikan tidur minimal 8 jam setiap malam. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh bahkan meningkatkan risiko penyakit kronis. Pada dasarnya, kurang tidur dapat menyebabkan fluktuasi kadar hormon rasa lapar sehingga membuat Anda sering merasakan lapar.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat sebagai olahan kurang serat tidak meningkatkan rasa kenyang yang signifikan.  Karbohidrat yang berlebihan menyebabkan fluktuasi gula darah sehingga membuat perut sering merasa lapar. Maka dari itu, Anda dapat menggantinya dengan makanan yang cukup nutrisi, seperti buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

4. Kurang Minum Air

Konsumsi air yang cukup dapat berpengaruh pada kesehatan. Air juga dapat mengenyangkan sehingga berpotensi untuk mengurangi nafsu makan apabila dikonsumsi sebelum makan. Dengan demikian, ketika Anda kurang konsumsi air, akan lebih cepat merasakan lapar.

5. Terlalu Banyak Olahraga

Tidak salah jika orang berolahraga untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi, olahraga yang berlebihan, cenderung meningkatkan nafsu makan dan metabolisme lebih cepat. Sehingga sering merasakan lapar ketika berolahraga dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama.

6. Terlalu Stres

Stres berlebihan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena peningkatan kadar kortisol dalam tubuh. Untuk mengurangi tingkat stres Anda dapat berolahraga dengan pernapasan dalam.

  • Bagikan