Tak Melulu soal Cinta, 5 Drakor Ini Usung Tema Pendidikan - Tugujatim.id

Tak Melulu soal Cinta, 5 Drakor Ini Usung Tema Pendidikan

  • Bagikan
Ilustrasi nonton drakor. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi nonton drakor. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Siapa sih yang nggak suka dengan drama Korea (drakor)? Bahkan barangkali di antara Anda banyak yang kecanduan melihatnya. Ya, sejak era 2000-an, drakor begitu diminati masyarakat, bahkan popularitasnya terus meningkat di Indonesia. Dengan berbagai macam genre dan alur ceritanya yang unik, tak heran jika drakor sangat hype di kalangan remaja hingga orang dewasa.

Mungkin masih banyak di antara Anda yang masih bingung untuk menentukan playlist drakor apa sih yang akan ditonton. Buat Anda yang bosan dengan tema cinta, inilah rekomendasi drakor yang mengusung tema pendidikan.

1. Dream High

Drakor Dream High. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Drakor Dream High. (Foto: Pinterest)

Drakor yang rilis pada 2011 ini disebut sebagai salah satu drama yang sukses pada masanya. Drama ini menceritakan 6 siswa yang diperankan oleh Bae Suzy, Kim Soo Hyun, Taecyon 2PM, IU, Hahm Eun Jung, dan Jang Woo Young yang sedang bersekolah di sebuah sekolah bernama Kirin Arts School. Keenam siswa tersebut sama-sama memiliki mimpi menjadi seorang bintang K-Pop. Meski melalui banyak rintangan, mereka tetap tidak menyerah dan terus berlari bersama. Tak lupa juga ada jasa guru hebat yang selalu membantu para siswanya ketika sedang mengalami kesulitan.

2. Black Dog

Drakor Black Dog. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Drakor Black Dog. (Foto: Pinterest)

Black Dog memperlihatkan kehidupan seorang guru yang mengkritisi sistem pendidikan di sekolah yang dia ajar. Go Ha Neul yang diperankan oleh Seo Hyun Jin merasa bahwa peraturan yang ada di sekolah tersebut cacat dan berusaha untuk melawan demi para siswanya.

3. School 2017

Drakor School 2017. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Drakor School 2017. (Foto: Pinterest)

Drakor yang diperankan oleh Kim Sejeong dan Kim Jung Hyun ini menceritakan tentang problematika kehidupan sekolah para remaja. Mulai dari keresahan dalam meraih karir yang diinginkan, kesalahpahaman antar siswa yang berujung runyam, masalah yang dihadapi siswa kurang mampu, bahkan ada yang berpura-pura sebagai anak orang kaya agar memiliki teman.

4. Sky Castle

Drakor Sky Castle. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Drakor Sky Castle. (Foto: Pinterest)

Drama Korea yang satu ini dinobatkan sebagai drakor dengan rating tertinggi kedua setelah The World of Married. Drakor ini menceritakan tentang sisi kelamnya kehidupan pendidikan di Korea Selatan dan ambisi orang tua yang menginginkan agar anaknya menjadi yang terbaik dari yang paling baik.

Dampaknya, anak-anak itu menjadi depresi, melakukan tindakan kriminalitas, bahkan ada yang sampai berbohong diterima di Universitas Harvard. Dari drama ini, kita diajarkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan akan mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri.

5. Law School

Drakor Law School. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Drakor Law School. (Foto: Pinterest)

Dari judulnya saja pasti sudah dapat ditebak bahwa drama ini mengusung tema mengenai sekolah hukum. Dengan menonton drakor ini, secara tidak langsung kita dapat mempelajari banyak hal mengenai hukum, seperti pasal-pasal yang ada dalam KUHP, pemecahan kasus bila dipandang dari sisi hukum, dan pelajaran mengenai kehidupan sehari-hari seorang mahasiswa. Cocok banget buat Anda yang sedang atau akan melanjutkan studi di bidang hukum.

Nah, dari 5 judul drakor yang mengusung tema pendidikan itu, kalian bisa menontonnya di beberapa situs legal, seperti Netflix, Iflix, VIU, IQIYI, WeTV, dan masih banyak lagi. Jadi, mau nonton drakor yang mana dulu?

  • Bagikan