Tangkal Covid-19, Jajaran Kodim Pasuruan Lakukan Tracing dan Imbauan Prokes

  • Bagikan
Babinsa dari jajaran Kodim 0819/Pasuruan melakukan tracing untuk menekan dan meminimalisasi penyebaran Covid-19 di wilayah mereka. (Foto: Dokumen/Kodim Pasuruan) tugu jatim
Babinsa dari jajaran Kodim 0819/Pasuruan melakukan tracing untuk menekan dan meminimalisasi penyebaran Covid-19 di wilayah mereka. (Foto: Dokumen/Kodim Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Jajaran Kodim 0819/Pasuruan tak henti-hentinya mengupayakan untuk meminimalisasi penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Pasuruan maupun Kota Pasuruan. Hal tersebut ditunjukkan dengan upaya para Babinsa yang juga turut melakukan tracing kasus Covid-19 bersama petugas kesehatan, dan juga terus melakukan imbauan ke masyarakat.

Babinsa Koramil 24/Tutur Dampingi Petugas Lakukan Tracing

Babinsa dari Koramil 0819/24 Tutur bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kecamatan Tutur melaksanakan tracing secara protokol kesehatan untuk menekan angka penyebaran wabah virus Covid-19 di tingkat desa sampai ke level paling kecil di wilayah Teritorial Kodim 0819/Pasuruan, Jumat, (5/3/2021).

BANNER DONASI

Pelaksanaan tracing dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan oleh petugas kesehatan dari puskesmas didampingi Babinsa dan Tim Muspika kecamatan Tutur kepada keluarga Ny. Sri Sutaslimah (45 th) di dusun Sawah Talun RT.03 RW. 02 Desa Andonosari. Tracing dilakukan guna memastikan kondisi kesehatan warga yang ada di wilayah binaan Koramil Tutur dan secara umum diwilayah teritorial Kodim 0819/Pasuruan.

Hal ini dibenarkan oleh Dandim 0819/Pasuruan, Letkol Arh H. Burhan Fajari Arfian S.Sos kepada Tim Media.

“Peperangan (melawan Covid-19, red) ini dibutuhkan jaringan level terbawah, itu sebabnya kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Pasuruan untuk memerangi penyebaran virus covid19 sampai ke level-level terkecil,” katanya kepada media Penerangan Kodim Pasuruan seusai melaksanakan ibadah salat Jumat.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sebelum diterjunkan ke wilayah kerjanya masing-masing para Babinsa telah diberikan pelatihan menjadi tracer Covid-19.

“Sehingga, di samping bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatanm, para Babinsa tersebut dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing Covid-19 di tengah masyarakat,” tutup Burhan.

Turut hadir pada kegiatan Contact Tracing di Desa Andonosari Wakapolsek Tutur Iptu Jemari, Babinsa selaku petugas Tracer Covid-19 Koramil 0819-24/Tutur Sertu Dwi Eko, Bhabinkamtibmas, Petugas Puskesmas dan perangkat desa Andonosari.

Koramil 10/Bangil Ajak Warga Patuhi Prokes 5M

Koramil 10/Bangil yang terus melakukan imbauan prokes kepada masyarakat pada Jumat (5/3/2021). (Foto: Dokumen/Kodim Pasuruan)
Koramil 10/Bangil yang terus melakukan imbauan prokes kepada masyarakat pada Jumat (5/3/2021). (Foto: Dokumen/Kodim Pasuruan)

Tak hanya melakukan tracing, jajaran Kodim 0819/Pasuruan yang lain juga tetap mengampanyekan terkait imbauan dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebab, pihaknya menilai masih banyak masyarakat yang kurang disiplin dalam penerapan hal tersebut.

Hal tersebut seperta yang dilakukan oleh jajaran Koramil 0819/10 Bangil, Jumat (5/3/2021). Di mana pihaknya terus mengimbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah, terlebih jika tidak menggunakan masker.

Dalam kegiatan imbauan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah) harus terus menerus dilakukan karena masih banyak warga masyarakat yang belum sadar akan pentingnya protokol kesehatan 5M dalam situasi pandemi virus corona sekarang ini.

Menyikapi hal tersebut, Danramil 10/Bangil berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melaksanakan operasi penegakan disiplin dengan menurunkan anggotanya bersama Polsek, Satpol PP pada kegiatan Ops Gakplin Prokes di Di Jalan Sultan Pasar Bangil Kecamatan Bangil.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 10/Bangi Kodim 0819/Pasuruan, Kapten Inf Setiawan Budianto menegaskan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan umumnya dengan memberikan imbauan dan pengertian kepada warga tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan 5M.

Danramil mengimbau warga masyarakat untuk tetap mendukung segala upaya yang dilakukan Satgas Covid-19 Tingkat Kecamatan dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Kita mengajak seluruh warga Bangil untuk selalu mendisiplinkan diri, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas di Luar Rumah),” tegas sang Kapten. (*/gg)

  • Bagikan